Dinilai Bisa Membuat Keputusan Tepat, Menkumham Yasonna Terima Gelar Adat Kerajaan Gowa

Yapto Eko Prahasta | Jumat, 14 Juni 2024 - 23:17 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Menkumham Yasonna H. Laoly saat menerima penghargaan gelar dari Kerajaan Gowa di Makassar.

Jakarta - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly diberi gelar adat dari kerajaan Gowa. Yasonna dianugerahkan gelar oleh Dewan Adat Kerajaan Gowa.

Penganugerahan tersebut diberikan ke Yasonna saat Meresmikan Gedung baru Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Jumat (14/6).

Menkumham menerima penghargaan gelar kerajaan ‘Mangngassai Daeng Makkulle’ yang artinya bisa membuat keputusan yang tepat.

Gelar ini disahkan oleh Raja Gowa ke XXXVIII, Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang Sultan Malikusaid II.

Dengan gelar ini, Yasonna resmi menjadi Keluarga Besar Kerajaan Gowa dan Masyarakat Adat Gowa.

Juru bicara Kerajaan Gowa, Andi Didis Abu Baidi, mengatakan makna gelar tersebut berarti Yasonna membuat keputusan mengangkat seseorang dalam tugas dan pengabdian kepada masyarakat.

“Beliau (Yasonna) memiliki karakter kepemimpinan partisipatif, karena dalam setiap pengambilan kebijakan senantiasa mendengar pendapat dari seluruh lapisan masyarakat,” kata Andi.

Yasonna disebut telah melibatkan lembaga-lembaga masyarakat sebagai bagian dari pengambilan keputusan. Ia juga dinilai selalu bermusyawarah dengan pejabat lainnya.

“Beliau (Yasonna) memiliki karakteristik kepemimpinan yang tegas dan berani. Memiliki motivasi yang kuat dan integritas yang tinggi,” lanjut Andi.

Kerajaan Gowa berharap dengan gelar nama yang diberikan, Yasonna dapat melaksanakan tugas dengan bijaksana, tegas, mengayomi masyarakat Indonesia.

Sementara itu, Yasonna mengucapkan terima kasih atas gelar Kerajaan Gowa. Ia merasa terhormat telah menjadi bagian dari keluarga Kerajaan Gowa.

“Dari hati saya yang teramat dalam, terima kasih atas kehormatan ini. Saya sudah menjadi keluarga Kerajaan Gowa. Susah ataupun senang, kita keluarga,” ujar Yasonna.