Lewat Program TJSL, Brantas Abipraya Salurkan Beasiswa ke Ratusan Pelajar di Indonesia

Armei Indra | Kamis, 05 September 2024 - 12:36 WIB


Program beasiswa Brantas Abipraya merupakan bagian integral dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung terciptanya generasi muda yang berpendidikan.
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Dirut Brantas Abipraya, Sugeng Rochadi memberikan beasiswa tahunan bagi anak-anak karyawan golongan 1 dan anak asuh Insan Abipraya

Jakarta - Dalam upaya mewujudkan komitmennya terhadap pengembangan sumber daya manusia Indonesia di bidang pendidikan, PT Brantas Abipraya (Persero) kembali menunjukkan komitmennya melalui program beasiswa tahunan yang diperuntukkan bagi anak-anak karyawan golongan 1 Brantas Abipraya (OB, Security, dan Cleaning Service) dan juga anak asuh Insan Abipraya. Program ini merupakan bagian integral dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung terciptanya generasi muda yang berpendidikan.

"Program beasiswa ini merefleksikan komitmen PT Brantas Abipraya (Persero) dalam mendukung peningkatan kualitas hidup dan investasi pada generasi penerus. Kami optimistis program ini akan berkontribusi signifikan dalam memajukan pendidikan anak-anak dan membuka peluang yang lebih luas bagi masa depan mereka," ungkap Tumpang Muhammad, Direktur SDM dan Umum Brantas Abipraya.

Ditambahkan Dian Sovana, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya menjelaskan, pada tahun ini, Brantas Abipraya akan menyalurkan beasiswa sebanyak 447 anak. 102 anak diantaranya merupakan dari karyawan golongan 1 (OB, Security, dan Cleaning Service), dengan masing-masing berhak atas beasiswa untuk dua orang anak. Selain itu, para Insan Abipraya yang merupakan pejabat Senior Vice President (SVP) dan Vice President (VP) Brantas Abipraya juga turut serta dalam program ini dengan mengadopsi masing-masing lima anak asuh, sehingga total penerima beasiswa dari kalangan SVP dan VP mencapai 345 anak.

Besaran beasiswa yang diberikan oleh Brantas Abipraya disesuaikan dengan jenjang pendidikan anak, yaitu Rp 1.000.000,- untuk jenjang Sekolah Dasar, Rp 1.500.000,- untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama, dan Rp 2.000.000,- untuk jenjang Sekolah Menengah Atas. Program beasiswa ini dirancang untuk memberikan dukungan finansial yang berkelanjutan bagi pendidikan anak-anak karyawan golongan 1 dan anak asuh, sekaligus menginspirasi mereka untuk mencapai prestasi akademik yang optimal dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Menjamin Kualitas Pendidikan Iklusif dan Merata
Program beasiswa ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) nomor 4, yaitu menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata, serta mendorong kesempatan belajar sepanjang hayat bagi semua. Komitmen Brantas Abipraya dalam bidang pendidikan juga telah diakui secara nasional dengan diraihnya penghargaan TJSL & CSR Award 2024 (Pilar Sosial Gold) yang diberikan oleh Kementerian BUMN.

Keseriusasn Brantas Abipraya dalam peranannya mendukung peningkatan sumber daya manusia ini juga terlihat dari beberapa program TJSL lainnya. Selain program beasiswa, Brantas Abipraya secara komprehensif juga telah melaksanakan berbagai inisiatif pengembangan sumber daya manusia, salah satunya adalah program Sertifikasi Service Excellent. Program ini dirancang khusus untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja karyawan golongan 1 melalui pelatihan-pelatihan yang berfokus pada pengembangan keterampilan pelayanan pelanggan, komunikasi efektif, dan problem-solving. Dengan berbagai inisiatif yang telah dilakukan, Brantas Abipraya berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas.

Melalui program beasiswa ini, Brantas Abipraya berharap dapat menginspirasi perusahaan-perusahaan lain untuk turut serta dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan dan masyarakat. Dengan demikian, Indonesia dapat mewujudkan cita-cita sebagai negara yang maju dan beradab.

“Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pembangunan bangsa, tidak hanya melalui proyek-proyek infrastruktur, tetapi juga melalui berbagai program tanggung jawab sosial yang berkelanjutan,” tutup Tumpang Muhammad, Direktur SDM dan Umum.