PSSI Tunda Kompetisi Liga 1 Indonesia

Marhadi | Senin, 23 Maret 2020 - 17:59 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan (Ist)

Jakarta - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi mengundur jadwal kompetisi Liga 1 Indonesia. Penangguhan tersebut sampai batas waktu yang belum ditentukan sebagai akibat dari penyebaran virus corona baru yang meluas di Indonesia.

Keputusan yang diambil PSSI ini menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo. Selain itu, ada juga surat dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) terkait protokol kewaspadaan pencegahan penyebaran corona.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan instruksi penundaan tersebut ke PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi lewat sepucuk surat. Surat tersebut ditembuskan ke Menpora, Ketum Koni, dan para klub peserta Shopee Liga 1 dan Liga 2.

"Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan. Pencabutan atas penghentian Liga 1 dan Liga 2 akan menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebaran Covid-19 di Indonesia, yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI," kata Iriawan dalam suratnya, dikutip dari situs PSSI, Senin (23/3/2020).

Iriawan meminta agar PT LIB bisa menyusun langkah-langkah selanjutnya setelah kompetisi ditangguhkan. LIB diminta untuk mempersiapkan jadwal ulang kompetisi dengan memperhatikan hal-hal teknis serta administrasi.

Selain itu, LIB juga diharapkan agar terus berkoordinasi dengan pihak keamanan terkait perubahan jadwal. Tidak hanya itu, masalah manajemen keuangan di masing-masing klub dan LIB sendiri juga perlu dikaji demi menghindari kondisi terburuk.

Sebelumnya, PSSI dan PT LIB sudah memutuskan untuk menunda Liga 1 dan Liga 2 selama dua pekan mulai 16 Maret lalu. Shopee Liga 1 saat ini sudah memasuki pekan ketiga, sementara Liga 2 baru memulai kick off pekan pertama 14 Maret.