Marak Begal Payudara, Mientarsih : Wanita Harus Waspada

Armei & Ardi | Jumat, 25 Februari 2022 - 14:47 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Mintarsih Abdul Latief

Jakarta – Begal payudara kembali terjadi. Kali ini, polisi menangkap tersangka pelaku begal payudara, I Kadek Wira Swarnata (21) yang telah meresahkan perempuan di kawasan Denpasar, Bali.

Pelaku begal tersebut ditangkap di tempat indekosnya di Jalan Batur Sari Sanur, Denpasar. 

"Di Denpasar, tersangka sudah beraksi 11 kali dan di Gianyar enam kali," kata Kapolsek Denpasar Selatan, Kompol I Gede Sudyatmaja, Senin (14/3/2022). 

Sementara itu, Doktor Psikologi Universitas Indonesia (UI), Mintarsih Abdul Latief, mengatakan maraknya aksi begal payudara bukan hanya terjadi di Bali, tetapi seluruh wilayah Indonesia. 

Modusnya, biasa saat melintas di jalan yang sepi, tersangka lalu memepet dan langsung meremas payudara korban. Begitu puas dengan aksinya, tersangka langsung kabur.

Menurutnya, wanita harus waspada dimanapun berada, dan selalu memerhatikan lingkungan sekitar. 

“Salah satunya waspada dimana pun berada, lalu jaga jarak ketika ada orang-orang yang pura-pura tanya alamat," kata Mintarsih.

Kasus begal payudara yang pura-pura tanya alamat juga banyak terjadi. Untuk itu, dia juga menyarankan, sebisa mungkin perempuan tidak berjalan sendirian dan berani melawan ketika dilecehkan.

"Dilawan saja secara verbal dengan teriak, pasti pelakunya juga takut,"pungkasnya.

Baca Juga