Kapolres Kendal, AKBP Jamal Alam

Berikan Bantuan Life Jacket Pada Pengeloa Pantai Indah Kemangi

Rulli Harahap | Rabu, 08 Maret 2023 - 17:40 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam pada acara program Ikan Selayar (ikut andil keselamatan berlayar) yang dilaksanakan serentak di wilayah Polda Jawa Tengah

Kendal - Polres Kendal membagikan 20 life jacket kepada pengelola wisata Pantai Indah Kemangi Rabu 8 merat 2023. Pembagian jaket keselamatan ini dalam rangka program Ikan Selayar (ikut andil keselamatan berlayar) yang dilaksanakan serentak di wilayah Polda Jawa Tengah.

Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam mengatakan, hingga kini angka kecelakaan di perairan di Jawa Tengah masih tinggi.  Faktor penyebab kecelakaan karena kurang pedulinya masyarakat dengan keselamatan di perairan.

“Bisa jadi perahu atau kapal yang melebihi kapasitas, tidak menggunakan jaket penyelamat atau pelampung dan juru mudi yang tidak kompeten,” katanya.

Kapolres menambahkan dengan kegiatan ini warga bisa memahami dan mengerti tentang keselamatan di perairan khususnya di tempat wisata air dan pantai.  Kapolres juga mengatakan, pengawasan akan terus dilakukan dengan memberikan batas jangkauan masyarakat yang akan bermain di pantai untuk mengurangi resiko kecelakaan.

“Jadi pengawasannya bisa dilakukan petugas yang ada di lokasi baik TNI AL, Polairud ataupun pengelola dan Tim SAR,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Jungsemi, Dasuki menyebutkan dari mulai dibuka hingga sekarang tidak ada kecelakaan laut di Pantai Indah Kemangi. Ini berkat kesigapan pengelola dan petugas yang berjaga untuk memberikan arahan agar selalu menjaga keselamatan diperairan.

“Kita selalu menyiapkan relawan yang akan membantu pengunjung dan memberikan peringatan jika terjadi cuaca yang tidak memungkinkan,” ujarnya.

Baca Juga