Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa di Kab Bogor dan Sukabumi

Fuad Rizky | Jumat, 15 Desember 2023 - 11:33 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto :

Bogor - Ratusan rumah masyarakat di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, rusak akibat gempa magnitudo 4,6 pada Kamis pagi (14/12/2023).

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Kabupaten Bogor per Kamis malam pukul 22.30 WIB, sebanyak 271 unit bangunan rusak akibat guncangan gempa yang berpusat di Kabupaten Sukabumi.

BPBD Provinsi Jawa Barat mencatat ratusan rumah yang mengalami kerusakan di Kabupaten Sukabumi yakni Desa Cipeuteuy, Desa Cihamerang, Desa Tugubandung, Desa Walang Sari, Desa Sukamanis, Desa Parakanlima, dan Desa Girijaya.

Kerusakan juga terjadi di Kabupaten Bogor, yang meliputi Desa Purwabakti, Desa Cibunian, Desa Cibitung Kulon, Desa Purasari, Desa Kalongliud, Desa Cihideunghilir, dan Desa Bojongjengkol.

Untuk di Kabupaten Sukabumi, dari tujuh desa yang terdampak ada 94 rumah mengalami rusak ringan dan 31 rumah mengalami rusak dengan kategori sedang.

Sementara untuk Kabupaten Bogor, dari tujuh desa yang terdampak, terdapat 113 rumah mengalami rusak ringan dan 14 rumah mengalami rusak dengan kategori sedang.

"Untuk korban jiwa, masih dalam pendataan," ungkap Kordinator Pusdalops BPBD Provinsi Jabar, Hadi Rahmat dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (14/12) malam.

Hadi mengatakan saat ini BPBD Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan di daerah yang terdampak gempa untuk pemantauan dampak dari gempa yang terjadi.

"Kondisi terkini, laporan kerusakan masih dalam pengecekan untuk laporan dampak dari Gempa tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya, Gempa berkekuatan magnitudo 4,6 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, pada Kamis (14/12) pagi. Tercatat ada empat kali gempa susulan.