Anies Baswedan Ganti Direktur Utama Jakpro

SY | Kamis, 26 Agustus 2021 - 18:40 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Dirut Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi mencopot Dwi Wahyu Daryoto dari posisi Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Jakpro adalah BUMD DKI yang bergerak di bidang properti dan pembangunan infrastruktur.

Saat ini, Jakpro mengerjakan sejumlah proyek strategis seperti revitalisasi Taman Ismail Marzuki, pembangunan Jakarta International Stadium, dan juga ditugaskan menyelenggarakan balap mobil internasional Formula E.

"Iya betul diganti," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Pembina BUMD DKI Jakarta Riyadi saat dikonfirmasi, Kamis (26/8).

Namun demikian, Riyadi belum mau menjelaskan penyebab pencopotan Dwi Wahyu. Ia menegaskan, pencopotan tersebut sudah melalui rapat umum pemegang saham (RUPS).

"Sudah melalui RUPS," tegasnya.

Riyadi mengatakan, pengganti Dwi Wahyu adalah Widi Amanasto dari PT Telkom Property. Menilik dari situs resmi anak usaha BUMN itu, Widi Amanasto memiliki jabatan terakhir sebagai Direktur Bisnis sejak 2019 hingga sebelum ditunjuk menjadi Dirut Jakpro.

Sebelumnya, penyelenggaraan balap mobil Formula E disorot banyak pihak serta diprotes oleh anggota DPRD DKI Jakarta. Balap mobil yang semula akan digelar pada Juni 2020 lalu itu ditunda karena pandemi. Kemudian, Anies pun menargetkan Formula E digelar Juni tahun depan.

Di sisi lain, dalam laporan hasil pemeriksaan (LHP) laporan pertanggungjawaban keuangan Pemprov DKI tahun anggaran 2019, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) DKI menemukan adanya potensi kerugian bila Formula E jadi digelar. Atas dasar itu, Fraksi PDIP dan PSI di DPRD DKI Jakarta berencana mengajukan hak interpelasi.

Baca Juga