Buka Seminar Giant Sea Wall, Prabowo: Pantura Punya Pontensi Bagi Rakyat RI

Agung Nugroho | Rabu, 10 Januari 2024 - 12:22 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tampil menyampaikan pidato pembuka Seminar Nasional Giant Sea Wall di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (10/1/2024). Dok: Agung Nugroho/FIVE

oJakarta - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Universitas Pertahanan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Strategi Perlidungan Kawasan Pulau Jawa Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall). 

Adapun acara diselenggarakan di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (10/1/2024). Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tampil menyampaikan pidato pembuka.

 Prabowo mengatakan ini menjadi penting karena Pantai utara (Pantura) mempunyai potensi yang menentukan bagi rakyat Indonesia. 

"Pulau Jawa masih menyumbang lebih dari 50 persen PDB kita. Sehingga saya kira semakin penting kita memusatkan perhatian kita kepada kondisi ini. Saya ingin menyampaikan latar belakang bagaimana dirinya merasa terpanggil untuk lebih memusatkan perhatian kepada masalah Giant Sea Wall ini. Sesungguhnya masalah tersebut sudah dibahas berapa belas tahun lalu, " ujar Prabowo di pembukaan Seminar Nasional tentang Giant Sea Wall Pulau Jawa. 

Prabowo juga berterima kasih kepada Kementerian-kementerian dan lembaga yang meneruskan pengkajian tentang gagasan GSW ini. 

"Terutama pribadi seperti saya sendiri yang tidak terlibat langsung dalam pembahasan dan pengkajian tersebut, seolah-olah masalah GSW ini yang meruapakan jawaban terhadap fenomena naiknya permukaan laut. Sehingga terjadinya abrasi, terjadi banyaknya hilang lahan-lahan kita dan terutama kualitas hidup sebagian rakyat kita yang sungguh mengenaskan dan sama sekali tidak manusiawi. Tidak boleh kita menganggap sebagai hal yang lumrah atau hal yang bisa kita toleransi untuk 5-15 tahun ke depan," ujar Prabowo.

Prabowo mengucapkan terima kasih kajian ini jalan terus, tetapi saya sebagai orang yang tidak terlibat langsing . 

"Saya juga sebagai unsur pimpinan dalam pemerintah ini. Beberapa kali saya mengunjungi kawasan tersebut, sudah berapa tahun saya sudah pernah kunjungi," ujar Prabowo

Dia mengakui bukan kapasitasnya sebagai Menhan, tapi kapasitas sebagai pemimpin politik. Tiap beberapa tahun saya kampanye, ketika melakukan kampanye saya mengunjungi wilayah-wilayaj tersebut. 

Prabowo juga melihat dari mulai 2014 sampai sekarang kalau saya mengunjungi dan melihat banyak masyarakat yang hidup di ruangan tidurnya, dan ruang makannya itu air setinggi lutut. 

"Anak-anak mereka hidup di tengah air, tengah lalat, ditengah sampah ini membuat saya bertanya kepada diri saya sendiri sebagai pemimpin politik. Apa yang saya bisa buat untuk segera merubah bukan di kemudian hari," pungkas Prabowo.