OIKN: Sejumlah Bangunan di IKN Mulai Fungsional Juni 2024

Agung Nugroho | Senin, 15 Januari 2024 - 15:52 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengumumkan rencana untuk menyelesaikan sejumlah bangunan dan hunian kunci di Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai fungsional pada Juni 2024. Dok: Humas OIKN

Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengumumkan rencana untuk menyelesaikan sejumlah bangunan dan hunian kunci di Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai fungsional pada Juni 2024. Bangunan antara lain; Masjid Sumbu Kebangsaan, Istana Presiden, Gedung Kementerian Sekretariat Negara.

Hal ini ditegaskan oleh Tenaga Ahli Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN, Bonie Erwanto, dalam konferensi pers di Jakarta pada hari Senin, (15/1/2024).

"Bangunan-bangunan apa saja yang (ditargetkan) terbangun dan fungsional pada Juni tahun ini. Ini sudah confirm dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan seperti ini," ujar Tenaga Ahli Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Bonie Erwanto di Jakarta, Senin (15/1) seperti dikutip dari Antara.

Menurut Bonie Erwanto, proyek-proyek yang ditargetkan untuk selesai pada bulan Juni termasuk berbagai bangunan penting yang didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta sumber dana non-APBN.

"Ini sudah confirm, dari Kementerian PUPR RI menargetkan seperti ini," ungkap Bonie Erwanto.

Selain itu Gedung Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Gedung Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Gedung Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga siap fungsional Juni 2024.

"Kemudian rumah tapak jabatan menteri yang fully furnished dan fungsional pada Juni 2024," kata Bonie.

Bangunan lain yang juga siap fungsi; Gedung Bank Indonesia, Kawasan Beranda Nusantara, Plaza Bhinneka, Gedung Polrestabes dan Command Center.

Sebanyak 12 menara (tower) rumah susun untuk ASN dan personel Hankam juga ditargetkan terbangun serta fungsional pada Juni.

Kemudian pengembangan hunian pekerja konstruksi di IKN, pengelolaan sampah dan limbah di wilayah pengembangan (WP) 1A dan 1B, Gedung Gas Insulated Substation dari PLN serta rumah sakit berskala internasional dari Kementerian Kesehatan.

Sedangkan bangunan dan hunian dari pendanaan non-APBN yang ditargetkan terbangun serta fungsional antara lain Nusantara Superblok (mal, apartemen), Hotel Nusantara, Hotel Pakuwon, BSH Mandiri (Community Hub), PSSI Training Center, Telkom Smart Office (Fase 1), Taman Tematik/Botanical Garden, Bluebird Park and Ride, Rumah Sakit Abdi Waluyo, Rumah Sakit Mayapada, Rumah Sakit Hermina.