OIKN Gelar Nusantara Flashmob di Car Free Day, Jakarta

Agung Nugroho | Minggu, 21 Januari 2024 - 09:02 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Achmad Jaka Santos Adiwidjaya kepada wartawan saat acara Nusantara Flashmob di Jakarta. Minggu (21/1/2024). Dok: Agung Nugroho/FIVE

Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menggelar Nusantara Flashmob sebagai pre-event dari Nusantara Fair 2024 di area Car Free Day (CFD), Budaran HI, Jakarta, Minggu (21/1/2024). 

Adapun acara tersebut dengan tujuan memberikan awareness kepada masyarakat terhadap acara Nusantara Fair 2024.

Suasana flashmob yang dipandu oleh 30 penari dari sanggar tari Gigi Art of Dance terlihat meriah, dikerumuni oleh warga Jakarta yang melakukan olahraga pagi. Acara yang berlangsung dari pukul 06.00 hingga 08.30 pagi ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat Otorita IKN.

Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Achmad Jaka Santos Adiwidjaya mengatakan penyelenggara Nusantara Fair ini untuk memamerkan atau menyampaikan informasi terkait progres pembangunan dari Ibu Kota Nusantara yang selama ini sudah dilakukan. 

"Dalam informasi hal tersebut teman-teman berinisiatif untuk mempublikasikan melalui Nusantara flasmob yang saat ini dilakukan di Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta. Dikarenakan untuk bisa di sosialisasikan apa yang telah dilakukan, " ujar dia kepada wartawan saat acara Nusantara Flashmob di Jakarta. 

Dia mengatakan memilih Nusantara flashmob ini karena yang terlibat adalah generasi milenial dan zelenial dimana tentunya terkait pembangunan Nusantara ini penting terutama bagi generesi milenial dan zelenial. 

"Karena nantinya mereka lah yang akan mengisi membangun lebih lanjut dari nusantara sehingga tujuan kita di 2045 menuju Indonesia Emas 100 tahun Indonesia Merdeka. Itu yang sekiranya kita capai penyebaran luasan informasi dari tangan peetama yaitu Otorita Ibu Kota Nusantara kepada publik secara offline, " terang Jaka

Dia mengatakan melalui offline ini bisa dilihat berbagai capaian yang sudah diraih di Nusantara Fair ini. 

"Diselenggaraya Nusantara Fair ini di CFD, pertama tempat masyarakat berkumpul secara luas dari berbagai segmen dan generasi. Kedua CFD itu simbol bagaimana kita memperhatikan atau menjaga kebersihan lingkungan," ujar Jaka. 

Dia menambahkan pembangunan Nusantara itu sendiri sangat peduli terhadap lingkungan, makanya pihak OIKN membangun smart sustainable forest city.

"Jadi pembangunan berkelanjutan itu kunci utamanya adalah bagaimana kita membangun tetapi tetap memperhatikan ekosistem daya dukung lingkingan supaya bisa mendapatkan lingkingan yang terbaik," tandas Jaka. 

Masih dikesempatan yang sama OIKN nerharap dengan adanya Nusantara Flashmob ini supaya informasi bisa tercapai lebih luas kepada masyarakat. 

Jaka juga mengatakan bahwa Nusantara flashmob ini agar interaksi antara masyarakat dengan pemerintah yang membangun ataupun pihak yang membangun. 

Karena pembangunan nusantara ini, lanjut kata Jaka, tidak hanya melibatkan pemerintah saja tetapi juga seluruh element bangsa perusahaan yang sudah berinvestasi disana. 

"Nusantarara secara tegas bisa mengatakan itu Indonesia pihaknya tidak melakukan dominasi tertentu budaya yang dipromisikan. Tentunya kita mempromosikan seluruh budaya bangsa sehingga segala elemen budaya itu bisa dikenalin satu sama lain oleh anak bangsa itu sendiri," pungkas Jaka.