Groundbreaking IKN Tahap Lima Fokus Pada Layanan Perbankan

Agung Nugroho | Selasa, 27 Februari 2024 - 16:22 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan fokus peletakan batu pertama (groundbreaking) tahap lima adalah pembangunan fasilitas perbankan di kawasan inti IKN Nusantara. Dok: Agung Nugroho/FIVE

Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan fokus peletakan batu pertama (groundbreaking) tahap lima adalah pembangunan fasilitas perbankan di kawasan inti IKN Nusantara.

"Groundbreaking tahap lima ini akan bersandarkan pada satu tema, yaitu mulai terbangunnya layanan perbankan," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono l dalam konferensi pers secara daring, Selasa (27/2/2024).

Menurutnya, pusat layanan perbankan di kawasan inti pusat pemerintahan dilakukan guna mendukung aktivitas keuangan di IKN.

Agung merinci ada empat bank yang akan melakukan groundbreaking, yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, dan Bank Kaltimtara.

Masih di sektor keuangan, pada waktu yang sama juga akan dilakukan penandatangan perjanjian kerja sama antara OJK dan OIKN untuk kelak membangun kantor.

Selain perbankan, groundbreaking juga akan mencakup pembangunan smart city dan telekomunikasi. Rinciannya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan groundbreaking pembangunan smart office dan TVRI membangun Mini Studio Nusantara.

Tak hanya itu, groundbreaking juga bakal mencakup sektor pelayanan kesehatan, yakni pembangunan kantor pelayanan BPJS Kesehatan.

Dalam waktu yang sama, OIKN juga bakal meluncurkan command center Nusantara.

"IKN akan punya command center, pusat kendali yang akan memonitor IKN. Saat ini command center akan memantau pembangunan di IKN," tutur Agung.

Kendati, Agung belum bisa merinci besaran investasi dalam groundbreaking tahap lima itu. Menurutnya, nilai investasi akan diungkapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan groundbreaking tersebut nanti