Resmikan Kantah Jaksel, AHY: Bukti Komitmen Layanan Pertanahan Bagi Rakyat

Agung Nugroho | Rabu, 03 April 2024 - 18:52 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meresmikan Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administrasi Jakarta Selatan yang baru. Dok: Humas Kementerian ATR/BPN

Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meresmikan Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administrasi Jakarta Selatan yang baru di Jalan Raya Tanjung Barat 1 Kecamatan Jagakarsa. 

Peresmian ini merupakan tonggak penting dalam upaya Kementerian ATR/BPN meningkatkan layanan pertanahan di wilayah Jakarta Selatan.

Menteri ATR/Kepala BPN menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Jakarta Selatan serta semua pihak yang turut serta dalam pembangunan dan peresmian Kantah ini. 

"Alhamdulillah baru saja kita saksikan bersama secara formal dan resmi Kantor Pertanahan Jakarta Selatan ini dibuka semua untuk melayani rakyat," ungkap AHY.

"Walaupun sebetulnya sudah beroperasi selama ini tetapi ini adalah sebuah Kantor Pertanahan yang baru, besar, bagus, dan nanti tentunya saya akan berkunjung untuk menyapa para pegawai, para karyawan yang menjalankan tugas melayani masyarakat dalam urusan pertanahan dan tata ruang," lanjut Menteri AHY.

Menteri ATR/Kepala BPN juga menekankan pentingnya upaya bersama dalam memperbarui dan memperkuat infrastruktur pertanahan di wilayah Jakarta Selatan.

 "Kemarin di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Pj. Gubernur DKI Jakarta dan jajaran Pemprov, kita mendeklarasikan bahwa Kota Jakarta Selatan ini sebagai kota berstatus lengkap," jelasnya.

Hal tersebut sekaligus menjadi bukti komitmen Pemerintah Kota Jakarta Selatan dan semua stakeholders yang telah bekerja keras mendukung peningkatan kualitas layanan pertanahan bagi masyarakat. Dengan komitmen yang kuat diharapkan bisa memberikan kepastian hukum kepada masyarakat terkait kepemilikan dan pemanfaatan tanahnya.

Tidak hanya itu, pelayanan elektronik pun telah disiapkan Kementerian ATR/BPN untuk mempercepat proses administrasi pertanahan. Menteri AHY yakin dengan semangat dan kesungguhan yang sama, pelayanan pertanahan bisa terus meningkat kualitasnya.

"Kita ingin ke depan dengan status barunya ini dan dengan kesiapan layanan elektronik, maka layanan pertanahan akan semakin responsif dan masyarakat bisa dengan mudah dan cepat mengurus segala hal terkait pertanahan," tegas Menteri AHY.

Hadir mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN, Pembina IKAWATI Kementerian ATR/BPN, Annisa Pohan Yudhoyono. Turut hadir, Direktur Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Asnaedi; Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati; Tenaga Ahli Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Publik, Herzaky Mahendra Putra; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta, Alen Saputra; Kepala Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Tentrem Prihatin; serta Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Edi Sumantr