Poland Festival 2023 Kembali Hadir di 5 Kota

Rus | Selasa, 14 November 2023 - 07:38 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Poland Festival 2023 (#PF23) kembali hadir di Indonesia dengan fokus utama pada sektor ekonomi, pendidikan dan pengetahuan.

Jakarta - Festival ini diselenggarakan oleh Badan Investasi dan Perdagangan Polandia, bersama dengan Kedutaan Besar Polandia di Jakarta, Polish Business Club, dan Organisasi Pariwisata Polandia. 

Acara ini ditujukan untuk merasakan keunggulan Polandia melalui berbagai kegiatan, termasuk pameran produk-produk Polandia, teknologi, sains, serta kuliner lezat yang disajikan oleh chef Polandia.

"Poland Festival telah berkembang menjadi acara promosi terbesar Polandia yang diadakan di Indonesia. Tahun lalu, kami hadir di 4 kota, dan sekarang merambah ke 5 kota, termasuk Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Kami juga memiliki kejutan khusus di Lampung," kata Jacek Kolomyjec, Kepala Badan Investasi dan Perdagangan Polandia di Jakarta saat membuka
Poland Festival 2023.

Polandia adalah salah satu negara terbesar di Eropa Tengah dan memiliki banyak hal menarik untuk ditawarkan untuk Indonesia, termasuk dalam perdagangan dan investasi. Kepala Badan Investasi dan Perdagangan Polandia di Jakarta, Jacek Kolomyjec, menekankan potensi besar yang ada di Indonesia sebagai pemimpin di Asia Tenggara.

Setelah pembukaan di dua kota sebelumnya yakni Bogor dan Bandung, Poland Festival 2023 kini resmi dibuka di Jakarta, tepatnya di GrandLucky Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada Sabtu 11 November 2023, dan berlanjut di hari berikutnya di Grand Lucky, SCBD, Jakarta Selatan.

Festival ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu membawa produk berkualitas ke konsumen Indonesia, membuka peluang bisnis bagi importir dan pengecer Indonesia, serta meningkatkan kesadaran tentang Indonesia di Polandia dan mendorong pengusaha Polandia untuk berinvestasi di Indonesia.

Acara ini juga menampilkan merek-merek FMCG dari Polandia, termasuk makanan, minuman, dan produk kosmetik yang dapat dicoba dan dibeli dengan diskon 10-50% di beberapa supermarket di Indonesia. Selain itu, pengunjung juga dapat mengikuti kelas Bahasa Polandia serta berpartisipasi dalam berbagai aktivitas seru.

Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczyńska, mengungkapkan harapannya untuk memperkuat hubungan bisnis antara Polandia dan Indonesia, serta meningkatkan pertukaran perdagangan di masa depan.

“Poland Festival adalah acara terbesar yang bertujuan untuk mempromosikan investasi perdagangan, produk-produk kami, dan juga budaya Polandia. Selain itu, festival ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan potensi pariwisata dan mendorong kolaborasi dengan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Polandia.” ucap Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczyńska pada Press Conference Pembukaan Poland Festival 2023 di GrandLucky Pantai Indah Kapuk (11/11/23)

Bersamaan dengan perayaan hari kelahiran Nicolaus Copernicus yang ke-550, Poland Festival 2023 yang memasuki tahun ke-4 nya ini juga merancang berbagai acara menarik untuk diikuti di berbagai kota. Beberapa diantaranya adalah Science and Geology Day, Symposium Ed-tech and Science, Culinary Show, Art and Food Evening, dan masih banyak lagi.

Khusus di Jakarta, pada Minggu, 12 November 2023, Poland festival dimulai sejak pagi dengan Copernicus Walk - Car Free Day dari Bundaran HI hingga Grand Lucky SCBD, Sudirman. Berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, acara ini menjadi sebagai salah satu rangkaian kegiatan spesial Poland Festival 2023 yang tidak bisa dilewatkan.

“Tidak hanya mempromosikan produk-produk Polandia, Poland Festival tahun ini juga merayakan hari kelahiran ke-550 Astronom Terkenal Polandia, Nicolas Copernicus." Ujar Wakil Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Piotr Firlus, pada acara Poland Expo Day Grand Lucky, SCBD (12/11/23).

Selama 5 tahun terakhir, Poland Festival telah berhasil meningkatkan kesadaran publik tentang Polandia dan produk-produknya di ASEAN. Program Poland Festival tahun lalu menarik lebih dari 200.000 pengunjung dan meningkatkan penjualan produk FMCG Polandia secara signifikan. 

Hal ini membuktikan bahwa festival ini berhasil mempromosikan budaya, bahasa, pariwisata, dan merek FMCG Polandia di Indonesia. 

Berikut jadwal penyelenggaraan Poland Festival 2023 di Indonesia:
● Bogor pada tanggal 4 November di Yogya Bogor Junction.
● Bandung pada tanggal 5 November di Yogya Store Sumbersari.
● Jakarta pada tanggal 11 November di Grand Lucky PIK Central Market.
● Jakarta pada tanggal 12 November di Grand Lucky SCBD.
● Denpasar pada tanggal 25 November di Grand Lucky Superstore Sanur.
● Surabaya pada tanggal 26 November di Hokky Graha Famili