Rujak Cingur Naga dari Grand Swiss-Belhotel Darmo Jadi Juara Festival Rujak Uleg 2024

Rus | Senin, 27 Mei 2024 - 14:05 WIB


Menyambut hari jadi kota Surabaya ke 731 dan dalam upaya melestarikan kuliner khas, Pemerintah Kota Surabaya kembali menyelenggarakan Festival Rujak Uleg 2024. Acara yang menjadi daya tarik wisatawan lokal hingga mancanegara ini diselenggarakan pada 19 Mei 2024 di halaman Balai Kota Surabaya.
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Rujak Cingur Naga dari Grand Swiss-Belhotel Darmo dengan busana 'Surabaya European Style' era victoria

Jakarta - Menyambut hari jadi kota Surabaya ke 731 dan dalam upaya melestarikan kuliner khas, Pemerintah Kota Surabaya kembali menyelenggarakan Festival Rujak Uleg 2024. Acara yang menjadi daya tarik wisatawan lokal hingga mancanegara ini diselenggarakan pada 19 Mei 2024 di halaman Balai Kota Surabaya. 

Festival ini dikemas dengan berbagai rangkaian antara lain fashion show akulturasi budaya Surabaya, cobek raksasa, teatrikal, rujak gratis, dan stan kuliner UMKM. Tahun ini adalah perdana Grand Swiss-Belhotel Darmo mengikuti ajang bergengsi ini dan meraih juara.

Tema yang diangkat dalam kegiatan Festival Rujak Uleg 2024 adalah “The History of Rujak Cingur”. Penilaian kategori hotel terbagi dalam tiga poin yaitu 40 % rasa, 30 % tatanan dekorasi rujak dan 30 % ide rujak. Elemen rujak harus berisi cingur, lontong, tahu, tempe, mentimun, kangkung, taoge, kedondong/mangga muda, bengkoang, nanas, dan kacang panjang. Selain itu peserta hotel juga diwajibkan untuk mempersiapkan dekorasi meja, kostum, dan yel yel dengan gerakan.

Konsep busana dari tim Grand Swiss-Belhotel Darmo adalah “Surabaya European Style” di era victoria. Pengaruh gaya busana Eropa dengan tema akulturasi budaya ini menonjolkan busana rapi, elegan, dan berwibawa yang menjadi cikal bakal warga Surabaya berpenampilan modern masa itu. Busana pria serta wanitanya diberi sentuhan modis topi lebar dengan bulu merak dan gaun lebar menjuntai sehingga tampilan lebih semarak.

Persiapan dilakukan dari pukul delapan pagi dengan menata meja, cobek jumbo, menampilkan rangkaian bahan-bahan segar serta berbagai ukiran ubi ungu, semangka, pepaya, wortel serta kombinasi tanaman hias. 

Pengerjaan ukiran buah dan sayur oleh tim ahli telah dilakukan intensif selama tiga hari sehingga bisa memberikan tampilan yang detail dengan kombinasi seronok warna cerah.

Ketika penilaian juri dimulai tim secara sigap mempersiapkan seporsi rujak cingur kreasi bersama paduan bahan segar beserta saus istimewa yang telah diracik dengan kombinasi sari buah naga merah. Rasanya tetap otentik khas Surabaya namun ada kesegaran rasa manis unik dari buah naga, oleh sebab itu rujak ini dinamai dengan rujak cingur naga. 

Inovasi cita rasa yang unik serta tampilan tatanan isi piring kreatif ini mengantarkan Grand Swiss-Belhotel Darmo meraih juara dua kategori kreasi rujak uleg pada Festival Rujak Uleg 2024 dengan persaingan lebih dari 30 hotel bergengsi di Surabaya. Penyerahan hadiah diberikan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Diaz Yonadie, General Manager Grand Swiss-Belhotel Darmo menyampaikan “Kemenangan ini membawa kami untuk lebih dikenal masyarakat luas. Banyak yang menanyakan apakah menu rujak cingur naga bisa dinikmati oleh masykarakat umum, tentu saja bisa dengan datang langsung ke restoran kami Grand Kitchen di Grand Swiss-Belhotel Darmo”