Jenderal Andika Perkasa Resmi Jabat Panglima TNI

Yapto Prahasta Kesuma | Rabu, 17 November 2021 - 15:51 WIB


Pelantikan Jenderal Andika Perkasa diawali dengan pembacaan keputusan presiden tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan.
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Presiden Joko Widodo menyerahkan tongkat komando saat melantik Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta. (BPMI Setpres)

Jakarta - Presiden Joko Widodo melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Pelantikan digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/11/2021).

Pelantikan Jenderal Andika Perkasa diawali dengan pembacaan keputusan presiden tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Presiden kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan Jenderal Andika.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Menko Polhukam Mahfud Md dan Menhan Prabowo menjadi saksi.

Setelah itu, Jokowi menyematkan tanda pangkat dan jabatan serta tongkat komando kepada Jenderal Andika. Acara pelantikan Panglima TNI kemudian ditutup dengan dikumandangkannya lagu 'Indonesia Raya'.

Sejumlah tokoh tampak hadir dalam acara pelantikan ini. Di antaranya Presiden Ke-5 RI, yang juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, Wapres Ma'ruf Amin, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Kehormatan besar

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku sangat terhormat atas kepercayaan yang diberikan Presiden Joko Widodo. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada DPR.

"Satu kehormatan besar bagi saya dan keluarga atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia dan juga dukungan dari DPR RI sehingga akhirnya saya bisa dilantik," kata Andika.

Andika mengaku akan melanjutkan program kerja yang telah ditetapkan. Dia siap bekerja sesuai peraturan perundang-undangan.

"Program kerja kita akan melanjutkan secara umum, karena memang kita kan sudah dibatasi ruang. Ruang di mana tugas-tugas kita sudah dicantumkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2024. Jadi saya akan terus tetapi memang detailnya saja dari tiap-tiap tugas itu yang perlu mungkin sedikit evaluasi dan perbaikan sana-sini," ujarnya.

Andika juga menyampaikan pesan kepada seluruh prajurit TNI. Ia menekankan soal kebersamaan.

"Saya ingin kita menjadi bagian dari kita sendiri, dari kita semua di tengah keluarga, teman maupun sanak saudara kita semua. Karena kita adalah bagian dari mereka," kata Panglima TNI.