Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Anies : Mempercepat Jakarta Jadi Pusat Kota Global Dunia

Yapto Prahasta Kesuma | Senin, 14 Maret 2022 - 16:32 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Presiden Joko Widodo bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuangkan tanah dan air di titik nol IKN, Kalimantan Timur. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden).

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pindahnya ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur akan memberi dampak positif untuk Jakarta.

Anies mengatakan momentum ini menjadi kesempatan untuk mempercepat Jakarta menjadi salah satu pusat kota global dunia.

“Bagi kami di Jakarta, ini harus dipandang sebagai peluang. Peluang untuk makin mempercepat pembangunan di Jakarta sebagai salah satu kota global dunia yang setara dengan kota-kota global lainnya. Jakarta adalah megapolitan terbesar di belahan selatan dunia, dan ini harus dijadikan sebagai kesempatan untuk mempercepat," kata Anies lewat video yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3).

"Unsur-unsur utama kota global adalah mobilitas penduduk berbasiskan kendaraan umum dan ramah lingkungan. Kedua fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan berstandar internasional. Kemudian memiliki daya tarik bagi global talent sehingga produktivitas yang terjadi di kota ini bisa dirasakan manfaatnya baik untuk Indonesia maupun di tataran global," ujar Anies.

"Kami di Jakarta menyambut ini sebagai sebuah kesempatan untuk kita mempercepat, untuk Jakarta menjadi salah pusat kota global dunia. Dan kota global itu bukan hanya dari aspek ekonominya, tetapi juga aspek budaya, aspek sosial, aspek pendidikan yang itu semua harus dikembangkan," kata Anies.