Mudik 2022, Korlantas Polri Terapkan Skema Contra Flow hingga Gage

Ruli Harahap | Senin, 18 April 2022 - 16:20 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si

Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas dalam mencegah kemacetan saat mudik Lebaran Idul Fitri Tahun 2022. Rekayasa lalu lintas tersebut berupa penerapan skema centra flow, satu arah (one way) maupun ganjil genap (Gage). 

Penerapan skema tersebut akan mulai diberlakukan mulai tanggal 28 April 2022 mengingat hari terakhir masyarakat masuk kerja. Jika skema tersebut masih kurang, maka akan one way akan diberlakukan dari arah Jakarta menuju Timur (Jawa Tengah).

Polri turut menghimbau masyarakat agar mudik sesuai tanggal ganjil genap yang berlaku. Nantinya, akan ada petugas di lapangan yang akan mengarahkan masyarakat masuk ke gate tol di wilayah masing-masing. 

"Dari jumlah kendaraan yang diprediksi juga akan mudik, one way akan kita lengkapi dengan ganjil genap. Ini harus kami lakukan lagi dan kami informasikan kepada masyarakat supaya masyarakat bisa menyiapkan diri sebelum berangkat kendaraan yang akan digunakan berplat nomor apa dan kapan bisa digunakan," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si., saat menandatangani Surat Keputusan Bersama dengan Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Bina Marga di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Rabu (13/4).