Wartawan, Karyawan dan Tamu ke Komplek Parlemen Senayan Dicek Suhu Tubuh

Marhadi | Kamis, 05 Maret 2020 - 12:49 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Petugas Pamdal DPR RI Mengecek Suhu Tubuh Tamu (Marhadi)

Jakarta - Pemeriksaan Suhu Tubuh mulai diberlakukan di setiap akses menuju Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, mulai Kamis (5/3/2020) pagi.

Pemeriksaan ini dilakukan pada para pengunjung yang masuk melalui pintu gerbang motor, mobil hingga pintu pejalan kaki.

Pemeriksaan Suhu Tubuh tersebut dilakukan baik kepada wartawan, pegawai, maupun tamu yang memasuki Kompleks Parlemen.

Alat yang digunakan untuk mengecek suhu tubuh adalah Thermal Gun. Alat ini bisa mendeteksi suhu tubuh seseorang dengan cara ditempelkan di dahi.

Jika seseorang mencapai suhu sekitar 37,5 derajat celcius maka tidak diperbolehkan masuk.Sejauh pantauan di lokasi, belum ada pengunjung yang mencapai suhu tubuh setinggi itu, batas tertinggi hanya di angka 36 derajat celcius.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menyebut, pihaknya sudah mengaktifkan lima thermoscan di pintu-pintu akses masuk gedung wakil rakyat itu.

"Hari ini kami sudah mengaktifkan lima termoscan di lima titik pintu-pintu utama akses masuk Kompleks Parlemen," kata Indra saat dikonfirmasi.

Indra menjelaskan, jika seseorang mencapai suhu sekitar 37,5 akan segera didatangi oleh pelayanan kesehatan untuk diperiksa lebih lanjut. Setelah itu dibawa ke ruang isolasi yang disiapkan setelah itu dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditentukan pemerintah.

"Akan ditangani di bag pelayan kesehatan. Kami punya ruang untuk isolasi yang kami siapkan untuk dirujuk ke RS yang sudah di tentukan," jelasnya.