HNW: Pancasila Harus Jadi Deteksi Dini Penyimpangan di Masyarakat

Editor | Minggu, 18 Desember 2022 - 17:12 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid

Jakarta - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menyampaikan Pancasila harus menjadi acuan bagi seluruh elemen bangsa dalam melakukan pendektesian dini perilaku atau kebijakan menyimpang dan membahayakan bangsa.

Hal tersebut disampaikan dalam acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Pesanggarahan, Jakarta Selatan, pada Minggu 18 Desember 2022.

Menurutnya, jika Pancasila menjadi rujukan bersama dalam bernegara, maka segala bentuk perilaku atau kebijakan menyimpang dapat dideteksi sejak dini. Pasalnya, perilaku tersebut berpotensi mengganggu ketertiban masyarakat. "Pancasila harus menjadi rujukan kita bersama dalam mendeteksi secara dini berbagai perilaku yang potensial mengancam NKRI," ujarnya.

HNW juga menambahkan hal ini sangat penting mengingat salah satu fungsi FKDM adalah untuk membantu instrumen negara dalam urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat. Adapun hal tersebut dapat dilakukan melalui deteksi dini potensi ancaman serta gejala atau peristiwa bencana.