Sosialisasi 4 Pilar MPR, HNW Nilai Pancasila Bisa Jadi Inspirasi Dunia

Editor | Minggu, 25 Desember 2022 - 17:28 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid

Jakarta - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Dr. H. M Hidayat Nur Wahid, MA mengatakan Pancasila perlu dipahami lebih komprehensif oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk para Warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, agar Pancasila juga dapat menjadi inspirasi bagi dunia.

Hal tersebut disampaikan dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI atas kerja sama MPR RI dengan Badan Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN) DPP PKS pada Minggu, 25 Desember 2022.

HNW sapaan akrabnya mengatakan nilai-nilai Pancasila berisi nilai-nilai yang luhur. Pertama, tentu saja Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila pertama ini menjadi naungan bagi sila-sila berikutnya. “Jadi, sila kedua hingga sila kelima ini perlu dipahami dalam konteks pelaksanaan nilai-nilai Ketuanan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Apabila nilai ini diterapkan di dunia, HNW yakin bahwa sebagian besar persoalan dunia dapat diselesaikan dengan baik. “Banyak persoalan yang ada di dunia ini karena kita kerap mengabaikan nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa tersebut,” pungkasnya.