HNW Dukung Peran Historis Konsisten Ulama Habaib Dalam Menjaga Pancasila

Redaksi | Minggu, 26 Maret 2023 - 17:14 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Hidayat Nur Wahid

Jakarta - Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, M.A., mengadakan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Majelis Shilaturrahim 99 Jakarta Selatan hari ini. Acara ini dihadiri oleh para pengurus dan pimpinan DPW Forum Ulama dan Habaib (FUHAB) Jakarta Selatan.

Empat pilar MPR RI yang disosialisasikan meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan masyarakat terhadap nilai-nilai dasar yang menjadi pondasi bangsa.

Dr. Hidayat Nur Wahid yang akrab dipanggil HNW ini menegaskan pentingnya empat pilar ini sebagai landasan dalam membangun dan memperkokoh keutuhan bangsa Indonesia. "Empat pilar ini merupakan jati diri bangsa yang harus kita jaga dan kuatkan bersama. Melalui sosialisasi ini, kita berupaya untuk menyampaikan pemahaman yang benar kepada masyarakat, terutama di tengah dimunculkannya beragam hal yang bertentangan dengan Pancasila dan dasar-dasar bernegara yang benar, disinilah diperlukan meluruskan "kiblat" bangsa kepada arah yang diperjuangkan oleh para Ulama dan Habaib terdahulu bersama-sama para Bapak dan Ibu Bangsa kita" ujar beliau.

Acara sosialisasi ini diisi dengan berbagai kegiatan, seperti diskusi, tanya jawab, dan pemaparan materi terkait empat pilar MPR RI. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan komunikasi antara Wakil Ketua MPR RI dan para pengurus serta pimpinan DPW FUHAB Jakarta Selatan.

Ketua DPW FUHAB Jakarta Selatan KH. Drs. Hasanuddin, M.A. dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini dan berharap agar nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar MPR RI dapat terus dihayati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. "Kami berharap melalui kegiatan ini, nilai-nilai empat pilar ini dapat menjadi semakin kuat dalam diri setiap individu, sehingga kita dapat bersama-sama menjaga keutuhan dan kemajuan Umat dan bangsa Indonesia," tuturnya.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa Indonesia, serta menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam membangun karakter bangsa yang kuat dan tangguh.

Baca Juga