Fraksi PDIP DPR RI Luncurkan Podcast 'Banteng Senayan'

Kiki Apriyansyah | Rabu, 14 Juni 2023 - 16:11 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Fraksi PDIP DPR RI meluncurkan Podcast 'Banteng Senayan' dilanjutkan potong tumpeng dalam peresmian di Gedung Nusantara I DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 14/6/2023.

Jakarta - Fraksi PDIP DPR RI luncurkan podcast atau ruang dialog menjelang Pemilu 2024. Podcast yang diluncurkan diberi nama 'Banteng Senayan'. Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengatakan peluncuran ini bertujuan untuk memperkenalkan profil hingga kinerja seluruh anggota.

"Campaign kita sebagai anggota fraksi jarang sekali diketahui oleh publik. Kalau Pak Trimedya menentang Undang-Undang Perampasan Aset itu nanti tidak masuk, sikap pribadinya kayak apa tidak masuk ke publik, begitu juga UU TPKS dan sebagainya. Jadi banyak UU yang kita tidak bisa mengupload pendapat kita ke publik itu satu," kata Pacul dalam konferensi pers peresmian podcast 'Banteng Senayan' di Gedung Nusantara I DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 14/6/2023.

Pacul menyebut podcast ini diluncurkan sejalan dengan arahan Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto. Politikus PDIP Ansy Lema ditunjuk sebagai penanggung jawab operasional di podcast.

"Perlu saya informasikan bahwa sampai Desember 2023 pengguna socmed 54 persen, ini yang ngomong Ketua Bappilu clear. Kalau nanti Februari belum update. Tapi, 54 persen ini mangsa cukup besar supaya dipahami," ujar Pacul 

Ansy Lema menambahkan podcast perlu dibuat di tengah era digital seperti sekarang. Menurutnya, parpol juga perlu memanfaatkan media untuk menjangkau pemilih.

"Hari ini kita masuk dalam era digital dan parpol ini juga tentu penting untuk mengandalkan media-media baru untuk bisa menjangkau, menggapai pemilih dan juga menggapai audiens yang lebih luas dan beragam," kata dia.

"Maka kemudian kita membutuhkan jembatan komunikasi, kanal sebagai media perjuangan kita di Senayan yang kemudian bisa menyebar hingga ke rakyat. Jadi produknya itu dalam bentuk YouTube channel yang kita beri nama 'Banteng Senayan' nama ini berasal dari pimpinan kita Pak Pacul dan juga Pak Utut, jadi banteng Senayan," lanjutnya.

Apalagi, Ansy menuturkan politik merupakan bentuk dari persepsi publik. Sehingga medsos harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Politik ini soal persepsi, jadi media ini akan kita gunakan untuk menyampaikan pesan sekaligus tentu membangun kesan tentu kesan kita adalah kesan partai yang betul-betul merakyat, pro rakyat, nasionalis, dan memang betul-betul hadir untuk memperjuangkan kepentingan rakyat" ucap dia.

Terdapat 5 program podcast Fraksi PDIP yakni dedication of life, kongkow, rembug perjuangan, penyambung lidah rakyat dan cerita banteng Senayan.