Hoegeng Awards 2023, Kapolri : Jadilah Mutiara yang Bersih dan Kebanggaan Polri

Yapto Eko Prahasta | Sabtu, 15 Juli 2023 - 09:04 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama penerima Hoegeng Awards 2023.

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan pesan kepada lima penerima Hoegeng Awards 2023. Listyo berharap para penerima menjadi mutiara yang bersih dan terus menjadi kebanggan keluarga besar institusi Polri.

“Satu hal yang saya pesankan kepada para pemenang, bahwa kalau mencari yang positif, yang baik, itu tentunya jauh lebih susah. Kalau cari yang negatif gampang, kalian berbuat aneh sedikit langsung viral, langsung terkenal. Oleh karena itu tentunya saya meyakini, selain yang terpilih sekarang masih banyak mutiara-mutiara lain yang berada dimana-mana, masih terpendam. Biarlah mutiara itu kemudian muncul dan masyarakat yang memilih.” kata Listyo di Malam Puncak Penganugerahan Hoegeng Awards 2023 di The Tribrata, Jakarta Selatan, Jumat (14/7).

Jenderal Bintang Empat ini berharap kepada lima penerima Hoegeng Awards 2023 yang terpilih terus bekerja lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. Dengan cara itu, Jenderal Listyo meyakini institusi Polri dapat dicintai oleh masyarakat.

“Yang sudah terpilih terus bertahan, jadilah mutiara yang bersih, terus bisa jadi kebanggaan, baik oleh keluarganya dan tentunya buat keluarga besar institusi Polri. Jadikan itu amal ibadah sehingga semuanya dilakukan dengan ikhlas, dan harapan kita kalian semua anggota-anggota bisa lebih dekat dengan masyarakat, bisa lebih baik melayani masyarakat, tentunya kita harapkan kalian semua bisa dicintai masyarakat untuk menjaga institusi kita agar bisa lebih baik melindungi dan mengayomi masyarakat,” tutur Kapolri.

Seperti diketahui, ada lima kategori dalam Hoegeng Awards 2023 ini, di antaranya Polisi Berdedikasi', 'Polisi Inovatif', 'Polisi Pelindung Perempuan dan Anak', 'Polisi Tapal Batas dan Pendalaman' serta 'Polisi Berintegritas'. Satu nama polisi teladan dari masing-masing kategori itu telah dipilih oleh Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023.

Daftar penerima Hoegeng Awards 2023:

- Polisi Berdedikasi: Brigadir Fitriani Maisyarah

- Polisi Inovatif: Kombes Kusworo Wibowo

- Polisi Pelindung Perempuan dan Anak: AKP Yuni Utami

- Polisi Tapal Batas dan Pedalaman: AKP Makruf Suroto

- Polisi Berintegritas: Kombes Darmanto

Adapun yang menjadi Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023 yakni Wakil Ketua MPR RI H. Arsul Sani, S.H., M.Si., mantan Plt Pimpinan KPK Dr. Mas Achmad Santosa, S.H., LL.M., anggota Kompolnas Poengky Indarti, S.H., LL.M., Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, S.Psi, dan anggota Komnas HAM Putu Elvina, S.Psi., MM.

Hoegeng Awards 2023 merupakan program kerja sama detikcom dengan Polri untuk mencari sosok polisi teladan. Hoegeng Awards telah digelar sejak tahun 2022, dan berlanjut tahun ini.

Berbeda dari Hoegeng Awards 2022 yang hanya ada tiga kategori yakni 'Polisi Berdedikasi', 'Polisi Inovatif' dan 'Polisi Berintegritas'. Tahun ini ada dua kategori tambahan yaitu 'Polisi Pelindung Perempuan dan Anak' serta 'Polisi Tapal Batas dan Pedalaman'.