Bantuan Gizi Tambahan Bagi Penderita Stunting

Iwan Purnama | Senin, 24 Juli 2023 - 15:20 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Regional Bandung melaksanakan aksi sosial berupa penyaluran gizi tambahan di Desa Banyuresmi Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang Jumat 21/07/23

Jakarta - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Regional Bandung, Pada hari Jumat, 21 Juli 2023 kembali melaksanakan aksi sosial di Desa Banyuresmi Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Kegiatan sosial ini berupa penyaluran gizi tambahan.

Sebelum penyaluran, dilaksanakan bincang-bincang seputar pencegahan dan penanganan stunting. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretasris Desa, mewakili Kepala Desa yang berhalangan hadir karena ada pertemuan APDESI, beserta perangkatnya, Bidan Desa dan para Kader Kesehatan Desa.

Sedangkan dari PPSDM Kemendagri Regional Bandung dihadiri oleh 4 (empat) orang Widyaiswara sekaligus mewakili Kepala PPSDM yang berhalangan hadir karena melaksanakan tugas sebagai penguji pada seminar aksi perubahan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan III. Adapun yang hadir merupakan tim pendamping Desa Banyuresmi, yang terdiri dari 1 Orang Widyaiswara Ahli Madya, 1 Orang Ahli Muda, dan 2 Orang Ahli Pratama.
 
Aksi sosial penyaluran gizi tambahan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2023. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian PPSDM Kemendagri Regional Bandung pada upaya pencegahan dan penanganan stunting di Desa Banyuresmi yang saat ini berjumlah 24 (duapuluh empat) anak.

Namun yang tercatat resmi sebanyak 16 anak, dalam perkembangnya bertambah 8 orang. Selain anak-anak penderita stunting dan orang tuanya, kegiatan juga dihadiri oleh para kader kesehatan Desa Banyuresmi.
 
Gizi tambahan yang disalurkan berupa telur dan susu. Sumber pendanaan kali ini murni berasal dari donasi pegawai PPSDM Kemendagri Regional Bandung. Penggalangan donasi diinisiasi oleh Tim Pendamping Desa PPSDM Regional Bandung.

Dari keseluruhan pegawai, terdapat 20 (duapuluh) orang pegawai yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donasi kali ini. Dengan nilai donasi yang bervariasi, dari Rp. 50.000, 00 (limapuluh ribu rupiah) sampai dengan Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).

Dari pengumpulan donasi diperoleh Rp. 1.800.000,00 (satu juta delapan ratus ribu rupiah). Jumlah tersebut dinilai melampaui target dari nilai paket yang akan disalurkan bulan ini. Sehingga disepakati untuk menyalurkannya 2 (dua) kali, yakni penyaluran untuk Bulan Juli dan Bulan Agustus.

Penyaluran Bulan Juli sengaja dilaksanakan pada Hari Jumat, yang diyakini sebagai hari penuh berkah kebaikan dan pelipatgandaan pahala.  Harapannya aktivitas ini terus berlanjut dengan tingkat partisipasi donatur yang terus bertambah sebagai bagian dari upaya untuk memupuk solidaritas sosial pegawai PPSDM Regional Bandung pada penderita stunting Desa Banyuresmi.

Kegiatan ini merupakan aksi nyata PPSDM Regional Bandung untuk menjalin kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Sumedang dan pemerintah desa dalam mengatasi berbagai persoalan terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Aksi ini juga merupakan bagian dari kegiatan bina desa, dengan menjadikan Desa Banyuresmi sebagai desa binaan PPSDM Regional Bandung sekaligus sebagai living lab bagi tenaga fungsional widyaiswara dalam proses pembelajaran secara empirik yang menjadi bagian dari pengembangan profesi.
 
Pemerintah Desa dan tokoh masyarakat Banyuresmi berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan ini dengan harapan kegiatan ini terus dilaksanakan berkelanjutan sampai dengan tidak ada lagi penderita stunting di wilayah Desa Banyuresmi. Untuk itu Kapus PSDM Regional Bandung berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan ini secara berkelanjutan dengan meningkatkan partisipasi seluruh pegawai dan Dharma Wanita di lingkungan PPSDM Regional Bandung. (*)

Baca Juga