MPR Siap Gelar Sidang Tahunan 2023

Kiki Apriyansyah | Senin, 14 Agustus 2023 - 12:50 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Pimpinan MPR Lainnya melakukan Jumpa pers untuk persiapan Sidang Tahunan 16 Agustus 2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 14/08/2023.

JAKARTA - Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) siap gelar Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023, yang dilaksanakan satu rangkaian dengan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI dan akan dihadiri kurang lebih 1.549 undangan.

"Sidang tahunan MPR dilaksanakan Rabu, 16 Agustus 2023, mulai pukul 09.30 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB," kata Bamsoet saat jumpa pers pimpinan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 14/08/2023.

Undangan diantaranya Presiden dan Wakil Presiden RI, mantan presiden dan mantan wakil presiden, mantan ketua MPR/DPR dan DPD, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR yang terdiri dari DPR dan DPD, menteri kabinet Indonesia yang maju dan pejabat setingkat menteri, kemudian ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan DPR, kemudian raja-raja Nusantara, ketua ormas keagamaan dan perwakilan teladan dari seluruh Nusantara.

Agenda pokok sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR/DPD Tahun 2023 adalah pidato presiden Republik Indonesia tentang penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Pokok acara sidang tahunan MPR kurang lebih sebagai berikut:

Pertama, pembukaan sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD oleh Ketua MPR.

Kedua, pidato pengantar Ketua MPR dalam rangka sidang tahunan MPR.

Ketiga, pidato pengantar Ketua DPD dalam rangka sidang bersama DPR dan DPD.

Keempat, Pidato Presiden dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-78 Republik Indonesia.

Kelima, pembacaan doa dan persembahan lagu-lagu daerah.

Terakhir, adalah penutupan sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD oleh ketua DPD.

"Setelah itu kita istirahat, lalu dilanjutkan dengan penyampaian nota keuangan pemerintah di dalam sidang paripurna DPR RI," kata Bamsoet.

Dia menegaskan, berbagai persiapan telah dilakukan oleh MPR, untuk memastikan agenda sidang MPR 2023 berjalan lancar dan sukses.

Persiapan itu diantaranya rapat pimpinan majelis pada tanggal 8 Agustus 2023 dan pertemuan konsultasi majelis dengan presiden Republik Indonesia pada tanggal 9 Agustus 2023.

"Untuk memantapkan persiapan, gladi bersih sidang akan dilaksanakan besok, Selasa, 15 Agustus 2023, pukul 13.00 WIB," katanya.