Puncak Festival LIKE, Menteri Siti : Pemerintah Telah Serahkan 6,37 Juta Hektar SK Hutan Sosial

Yapto Eko Prahasta | Senin, 18 September 2023 - 21:18 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Presiden Jokowi dan Menteri LHK Siti Nurbaya berfoto dengan penerima SK Perhutanan Sosial dan Adat dalam puncak Festival LIKE di Arena, GBK, Jakarta.

Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengatakan hingga September 2023 Pemerintah telah menyerahkan sebanyak 6,37 juta hektar SK Hutan Sosial kepada masyarakat.

Penerima SK Hutan Sosial ini terbagi dari 1,29 juta kepala keluarga dalam 9.642 kelompok atau gabungan kelompok.

“Kelompok perhutanan sosial sesuai arahan Bapak Presiden harus selalu didampingin untuk peningkatan kapasitas kelembagaan, tata kelola hutan, kesempatan berusaha dan fasilitasi untuk manajemen usaha kelompok yang efektif, sehingga dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang produktif,” kata Menteri Siti pada Puncak Festival LIKE yang berlangsung di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Senin (18/09).

Seperti diketahui, Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi Baru Terbarukan (LIKE) yang berlangsung di GBK Jakarta mulai 16-18 September 2023 ini merupakan rangkaian kegiatan menuju COP-28 yang akan diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab pada November mendatang.

Menteri LHK Siti Nurbaya, Mensesneg Pratikno, dan Menkop UKM Teten Masduki membuka Festival LIKE di GBK, Senayan, Jakarta.

Menteri Siti memaparkan acara pameran Festival LIKE ini sendiri diikuti 106 booth yang berasal dari BUMN dan swasta, kelompok masyarakat, unit kerja kementerian, pemda dan aktitivis serta kedutaan besar Amerika Serikat dan Norwegia.

“Pengunjung pameran sekitar 37 ribu orang sejak hari Sabtu 16 September,” ujarnya.

Berbagai kegiatan dilaksanakan pada Festival ini, seperti talkshow, pameran, coaching klinik, demo inovasi, sellers meet buyers, perlombaan, pertunjukan seni budaya dan pertunjukan musik serta "Gowes Bareng" 3.000 peserta dalam wadah Bike To Work dari berbagai penjuru Jabodetabek.

Hingga pada puncak acara dihadiri Presiden Jokowi dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Polhukam Mahfud Md, Seskab Pramono Anung, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.