Kapolri Pastikan Pengamanan Piala Dunia U-17 Tetap Maksimal

Baso Susanto | Selasa, 19 September 2023 - 18:56 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berudiensi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Mabes Polri, Jakarta, Selaaa (19/09/2023). dok: Ist

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berudiensi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Mabes Polri, Jakarta, Selaaa (19/09/2023).  

Dia menyambut baik gelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia. Namun Jendral Pol Listyo mengatakan pihaknya siap mengamankan Piala Dunia U-17 di Indonesia.

"Pelaksanaan Piala Dunia U-17 di Indonesia tidak mengganggu proses pengamanan tahapan Pemilu 2024. Tadi diinformasikan bahwa akan diikuti 24 negara, yang tentunya kami bertanya tentang detail-detail terkait apa saja yang harus kita amankan terkait dengan penyelenggaraan kegiatan yang menggunakan standar FIFA," kata Sigit kepada wartawan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/9/2023).

Menurut Sigit, jajaran kepolisian tetap akan maksimal serta optimal dalam melakukan pengamanan tahapan pesta demokrasi di tengah berlangsungnya event internasional tersebut. 

"Sehingga tentunya kami bisa maksimal untuk mengawal proses pengamanan Piala Dunia U-17 di samping kita juga tetap mengawal dan menjaga tahapan Pemilu 2024 yang sedang berlangsung saat itu. Saya kira ini sudah kita hitung dan kita siap untuk mengamankan kegiatan kedua-duanya," ujar Sigit usai audiensi. 

Kapolri mengatakan irisan tahapan Pemilu 2024 dan Piala Dunia U-17 terjadi di masa kampanye.

Mungkin terkait dengan irisannya dengan kegiatan pemilu mungkin kita sudah lihat ada rangkaian pemilu di bulan November 2023. Nanti mungkin kita masuk pada kegiatan kampanye tapi masih kampanye tertutup," kata Sigit. 

Seperti diketahui, turnamen Piala Dunia U-17 akan digelar dalam waktu dekat. Turnamen bertaraf internasional itu akan berlangsung di 4 kota Indonesia mulai 10 November sampai dengan 2 Desember 2023. Empat kota yang akan menggelar turnamen itu yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Solo.