Hadapi Pemilu 2024, Polresta Bogor Kota Gelar "Sispamkota"

Redaksi | Senin, 16 Oktober 2023 - 22:11 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Simulasi Pam Pemilu 2024

Jakarta - Dalam rangka menghadapi pengamanan Pemilu tahun 2024 yang akan datang, Polresta Bogor Kota telah  menyiapkannya sejak dini dengan menggelar simulasi pengamanan Pemilu 2024.

Kegiatan simulasi yang digelar pada hari senin, 16 Oktober 2023 itu bertajuk "Simulasi Pengamanan Dalam Kota" (Sispamkota), Ops Mantap Brata.

Simulasi digelar di halaman Mapolresta Bogor Kota Jl Kapten Muslihat Kota Bogor  Ladoya 2023.

"Simulasi Pam Pemilu 2024 ini digelar untuk memastikan kesiapan petugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada tahapan Pemilu 2024, khususnya  di wilayah hukum Polresra Bogor Kota"' ujar Kapolresta Bogor Kota,  Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso.

Dalam kegiatan simulasi Sispamkota itu, juga hadir di antaranya Dandim 0606/Kota Bogor, Kapolresta Bogor Kota, Forkopimda Kota Bogor, Dan Denpom III/I SLW, PJU Polresta Bogor Kota, Ketua MUI Kota Bogor, Kasat pol PP Kota Bogor, Kadishub Kota Bogor, Ketua KPU Kota Bogor, Ketua Bawaslu Kota Bogor.

Lebih lanjut Kombes Bismo mengatakan Polresta Bogor Kota melaksanakan apel sispamkota yang dilanjutkan dengan simulasi ini adalah untuk menghadapi situasi kontijensi pemilu tahap inti yang serentak dilaksanakan pada tahun 2024 di wilayah hukum Polresta Bogor Kota

Simulasi ini digelar menurut Bismo juga untuk melatih personel Polresta Bogor Kota dalam menghadapi segala kemungkinan dalam tahapan Pemilu 2024, termasuk aksi-aksi protes dari kelompok masyarakat. "Adapun tujuan latihan sispamkota ini untuk mengasah kemampuan dan kesiapan petugas pengamanan di lapangan guna menjaga kamtibmas pada tahapan pemilu tetap kondusif,"  ujar Bismo.

Dalam simulasi itu digambarkan sekelompok orang melakukan aksi menolak hasil pemilu karena diduga ada kecurangan. Aksi mereka dijaga ketat oleh pihak kepolisian dengan melibatkan satu unit watercanon.

Awalnya, aksi berjalan damai dengan penjagaan polwan Polresta Bogor Kota. Namun kemudian situasi memanas hingga terjadi kericuhan dan massa mulai menyerang aparat kepolisian

Pada tahap ini, Satuan Brimob dikerahkan untuk menghalau pendemo. Hingga akhirnya, seorang provokator diamankan dalam simulasi pengamanan dalam kota (sispamkota) ini.

(Baso s)

Baca Juga