Diikuti 1.234 Taruna, Ini Lulusan Terbaik Prabhatar Akademi TNI-Akademi Kepolisian 2023

Yapto Eko Prahasta | Selasa, 28 November 2023 - 22:03 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Ist

Magelang - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melantik Prajurit Bhayangkara Taruna (Prabhatar) Akademi TNI dan Akademi Kepolisian tahun 2023.

Pendidikan Dasar Integratif ini dimulai sejak 2 Agustus hingga 27 November 2023 dan diikuti oleh 1.234 taruna, yang terdiri atas 535 Pratar Akmil, 240 Pratar AAL, 155 Pratar AAU, 300 Bhatar Akpol, dan 4 Taruna Republik Demokratik Timor Leste.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam amanatnya menyampaikan selamat kepada 1.234 taruna yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dasar integratif tersebut. Dia juga mengucapkan selamat kepada para lulusan terbaik pada tiap matra.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada para peraih penghargaan pada masing-masing matra. Bagi yang belum meraih penghargaan jangan berkecil hati, sebab perjalanan masih panjang dan peluang masih terbuka lebar untuk bisa menjadi yang terbaik pada tahapan pendidikan selanjutnya," kata Sigit di Lapangan Sapta Marga, Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (28/11).

"Terus tingkatkan motivasi belajar dan berlatih hingga berhasil mewujudkan cita-cita menjadi 3 seorang perwira karena keberhasilan adalah milik mereka yang mempersiapkan diri dengan baik, bekerja keras, dan mau belajar dari kegagalan," sambungnya.

Kapolri menjelaskan, Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian adalah tahap awal pendidikan pembentukan bersama para taruna dalam satu wadah, yaitu Resimen Candradimuka.

Pada pendidikan dasar ini para Taruna dilatih secara fisik dan mental untuk menanamkan sikap dan karakter sebagai Prajurit berjiwa Sapta Marga, serta Bhayangkara Negara yang senantiasa memedomani Tribrata dan Catur Prasetya.

"Pendidikan bersama ini juga merupakan wujud komitmen TNI-Polri untuk menjalin sinergisitas dan soliditas sejak dini. Hal ini penting karena TNI-Polri merupakan garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI," ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

"Untuk itu, sinergisitas dan soliditas TNI-Polri harus senantiasa diperkokoh guna menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa," sambungnya.

Sigit mengatakan hal tersebut sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa TNI dan Polri harus terus meningkatkan sinergisitas, meningkatkan komunikasi dan interaksi, sering bekerja sama untuk memecahkan masalah-masalah bersama.

Pesan Kapolri

Jenderal Sigit berharap pendidikan dasar integrasi kemitraan ini mampu menjadi perekat ikatan emosional di antara para taruna sehingga dapat terus bersinergi dan menjadi teladan bagi masyarakat dalam mempererat kebinekaan. Dia mengingatkan para taruna untuk menghindari segala bentuk pelanggaran serta terus memperkuat soliditas dan sinergitas TNI-Polri.

"Terakhir, saya berpesan agar para taruna terus mempererat sinergisitas dan soliditas TNI-Polri dalam setiap kesempatan. Dengan sinergitas dan soliditas TNI-Polri yang kokoh, maka kita akan mampu melewati berbagai tantangan bangsa demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045," ujar Sigit.

Berikut ini taruna terbaik dari tiap matra :

Akademi Kepolisian:
Bhatar Enricko Herlambang P
Pratar Stefany Martha Purba

Angkatan Darat:
Pratar Maulana Adam
Pratar Ghina Maulina Aprilia

Angkatan Laut:
Pratar Exzal Fildan Lasandi
Pratar Junisah R Sianipar

Angkatan Udara:
Pratar Made Arya Abigara
Pratar Ni Luh Ayu Putu Sri Kusuma Dewi