Budiman: Tak Semua isu Pertahanan Dibeberkan Prabowo

Kiki Apriansyah | Senin, 08 Januari 2024 - 06:08 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Menteri Pertahanan yang juga Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto pada sesi debat Pilpres ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Dok: Tangkapan layar youtube KPU RI

Jakarta - Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko menilai, jika Prabowo dapat menguasai debat secara substantif. Namun, di dalam debat, kata dia, tidak semua tentang pertahanan bisa dibeberkan oleh Prabowo lantaran menyangkut rahasia negara

"Dalam berbagai macam isu pertahanan, ada hal-hal yang memang sensitif tidak bisa dibuka. Tentang kekuatan , pesawat tempur, alat-alat alutsista pertahanan, akan membuka rahasia negara, karena isu pertahanan, sensitif,” kata Budiman usai debat Capres, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Ia bahkan mengkritik pertanyaan yang dilontarkan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo lantaran dinilai tidak mengerti isu pertahanan.

Lebih lanjut, Budiman juga menilai Prabowo mampu memaparkan seluruh gagasannya yang terkait isu pertahanan hingga globalisasi dengan baik.

"Pak Prabowo tetap coba on the track membicarakan isu-isu pertahanan, politik luar negeri, geopolitik, dan globalisasi," jelasnya.

"Bukan sekadar karena beliau Menteri Pertahanan, tapi beliau juga sebagai pembaca yang baik, cukup up to date sehingga beliau bisa mengikuti dan menjawab pertanyaan," imbuhnya.

Baca Juga