Jokowi dan Prabowo Resmikan Graha Utama Akmil di Magelang

Agung Nugroho | Senin, 29 Januari 2024 - 12:43 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo meresmikan Graha Akademi Militer di Magelang, Lembah Tidar, Jawa Tengah. Dok: Tangkapan layar YouTube Kemhan

Magelang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo meresmikan Graha Akademi Militer (Akmil) di Magelang, Lembah Tidar, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024)

Jokowi mengatakan pembangunan Graha Akmil ini semakin modern dengan sarana-prasarana yang lengkap.

Jokowi mengatakan Graha Akmil ini memiliki luas 8.068 meter persegi. Lanjut dia menyebut pembangunan Graha Akmil tersebut menunjukkan semakin lengkapnya sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan akademis.

“Pembangunan Graha Utama seluas 8.068 m2 ini akan sangat memberikan dorongan kepada kita semuanya untuk belajar lebih baik lagi Karena sarana prasaran Pendidikan di Akmil akan semakin lengkap, canggih, dan modern. Graha utama ini akan menjadi pusat kegiatan akademis dan acara militer,” ujar Jokowi dalam sambutan yang disiarkan melalui YouTube Kemhan di Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).

"Saya harap dengan penambahan fasilitas pendidikan ini Akmil Magelang akan semakin maju, menghasilkan semakin banyak prajurit yang tangguh dan profesional, yang siap mendedikasikan kemampuan terbaiknya untuk menjaga persatuan dan kedaulatan bangsa, mewujudkan kemajuan Indonesia," ucapnya.

"Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini, saya resmikan Graha Utama Akademi Militer Magelang di Provinsi Jateng," ucapnya.

Jokowi lalu menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Graha Akmil Magelang. Di samping Jokowi, berdiri Menhan Prabowo Subianto menyaksikan penandatanganan.

Hadir dalam peresmian ini, Wamenhan Herindra, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ada juga mantan KSAD Jenderal (Purn) TNI Dudung Abdurachman, Gubernur Akmil Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, Direktur Umum Akmil Brigjen TNI Trenggono, serta Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid. Terlihat juga Wapres ke-6 RI Try Sutrisno, mantan Kepala BIN Hedropriyono, dan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto.

Gedung Graha Akmil Magelang Miliki Luas 8.068 meter persegi

Sementara itu dikesempatan yang sama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melaporkan Kementerian Pertahanan telah membangun Graha Utama Akademi Militer dengan luas lahan 8.068 meter persegi dengan rincian lantai 1 seluas 3.328 meter persegi, lantai 3 seluas 2.617 meter persegi disertai ronovasi ruang makan untuk 1.200 taruna .

"Pembangunan Graha Utama Akademi Militer Magelang merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi besar pembangunan dan pengembangan fasilitas Pendidikan di Institusi Pendidikan Militer.Diharapkan dapat memiliki peran sentral dalam membentuk watak, mental, dan intelektualitas para calon pemimpin TNI dan pemimpin bangsa.”ujar Prabowo.

Graha Utama Akademi Militer, lanjut Prabowo, selain memiliki tugas utama perkantoran Gubernur dan pejabat utama Akmil graha juga menjadi tempat penyelenggaraan acara kehormatan militer, upacara penting, penerimaam tamu asing, pelantikan ,dan juga peringatan peristiwa bersejarah.

“Dengan penambahan fasilitas Pendidikan yang modern seiring mengikuti perkembangan zaman diharapkan pembangunan Graha Utama Akademi Militer Magelang dapat meningkatkan kualitas dan mutu Pendidikan para taruna dan penerus bangsa. Dapat meningkatkan daya saing prajurit muda di kancah persaingan Internasional,” pungkas Prabowo.