Presiden Resmikan PSN Tol Indrapura-Kisaran Sepanjang 47,75 Kilometer

Redaksi | Senin, 12 Februari 2024 - 19:51 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Jalan Tol Indrapura-Kisaran merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang dikerjakan oleh PTPP

Jakarta - PT PP (Persero) Tbk, sebagai salah satu Perusahaan BUMN konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia (“PTPP”) melaksanakan peresmian Jalan Tol Indrapura-Kisaran, Seksi Indrapura-Lima Puluh, yang berlokasi di Gerbang Tol Lima Puluh Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Acara peresmian tersebut diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo yang ditandai secara simbolis dengan penandatanganan prasasti. Dalam acara peresmian Jalan Tol Indrapura-Kisaran turut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal PUPR Hedy Rahadian, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, Pj Walikota Tebing Tinggi Syarmadani, Pj Bupati Batu Bara Nizhamul, Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk Novel Arsyad, dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto.

Jalan Tol Indrapura-Kisaran merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (“PSN”) yang dikerjakan oleh PTPP dengan masa pelaksanaan dari Bulan Desember 2018-Januari 2024. Proyek ini memiliki total nilai kontrak sebesar Rp 4,3 Triliun dan memiliki panjang ruas 47,75 KM.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan manfaat dari jalan tol yang telah diresmikan yaitu meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas dari dan menuju Kawasan Danau Toba, mempersingkat jalur logistic dari dan ke Pelabuhan Kuala Tanjung, meningkatkan mobilitas dari Tebing Tinggi menuju Kisaran, Pematang Siantar hingga Parapat, dan meningkatkan konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

“Keberadaan ruas jalan tol tersebut akan mempercepat waktu tempuh dari medan dan sekitarnya menuju Kisaran dan Provinsi Riau, sehingga akan mendorong pertumbuhan perekenomian di kawasan dan sekitarnya, peningkatan daya saing daerah, dan menciptakan lapangan kerja baru,” tutur Presiden RI.

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan bahwa penyelesaian proyek jalan tol Indrapura-Kisaran yang merupakan Proyek Strategis Nasional menambahkan salah satu keberhasilan PTPP dalam mendukung pertumbuhan infrastruktur nasional sesuai dengan standar kualitas, mutu, target, dan tetap memperhatikan safety dalam pengerjaan.

“Alhamdulillah, proyek jalan Tol Indrapura-Kisaran telah selesai dan diresmikan oleh Presiden RI pada hari ini. Tentunya, dengan penyelesaian Proyek Strategis Nasional di awal Tahun 2024 merupakan sebuah keberhasilan dan menjadi pengalaman yang baik dalam penyelesaian proyek serupa kedepannya. Saat ini PTPP juga membangun proyek Jalan Tol Bayung-Lencir Tempino Seksi 2, proyek Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi Paket 3, dan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 1B yang merupakan Proyek Strategis Nasional. Dengan pengalaman dan kompetensi dari pengerjaan proyek jalan tol sebelumnya , tentunya Perseroan optimis dapat terus meningkatkan mutu, kualitas pengerjaan proyek, dan sesuai dengan target yang telah diberikan,” tutup Novel.

Baca Juga