Uji Coba Makan Siang Gratis di Sukabumi, Prabowo: Anak-anak Makan Tapi?

Agung Nugroho | Senin, 04 Maret 2024 - 13:19 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Ilustrasi Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto melakukan uji coba makan siang gratis bagi 3 ribu Siswa di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Dok: Tim media Prabowo Subianto

Jakarta - Meski penghitungan suara Pilpres 2024 masih berlangsung dilakukan rekapitulasi tingkat nasional oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) RI, namun Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto melakukan uji coba makan siang gratis bagi 3 ribu Siswa di daerah Sukabumi, Jawa Barat.

Ia mengatakan para siswa di kawasan tersebut justru membawa lauk yang didapatkan dalam program itu untuk dibawa pulang ke rumah dimakan bersama keluarganya.

"Dan kenyataan, bahwa anak-anak itu makan tapi lauknya kadang dibungkus dibawa ke rumah untuk keluarganya," kata Prabowo dalam keterangan resmi ketika menghadiri acara Silaturahmi Kebangsaan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Prabowo mengaku tak rela jika anak-anak Indonesia masih mengalami kondisi kelaparan seperti demikian. Terlebih lagi, kawasan Sukabumi hanya berjarak dua jam dari Ibu Kota Jakarta.

"Bagaimana saudara-saudara kalau pemimpin elite Indonesia masih cekcok di antara kita hanya rebutan kursi, padahal faktanya kondisi anak-anak kita seperti ini," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan program makan siang gratis ini digagasnya karena melihat hampir 25 persen anak-anak di Indonesia tidak makan pagi.

"Memang benar program saya adalah makan siang untuk anak-anak Indonesia. Kenapa, hampir 25 persen tidak makan pagi tiap hari," kata dia.

Prabowo-Gibran ketika berkampanye di Pilpres 2024 menggagas program makan siang dan susu gratis.

Hasil real count di laman Sirekap KPU menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dari dua rivalnya. Prabowo-Gibran sementara ini meraih 75.374.691 suara atau 58,83 persen berdasarkan real count KPU Senin (4/3) pukul 10.00 WIB.

Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto baru-baru ini memastikan program makan siang gratis itu masuk dalam RAPBN 2025.

Baca Juga

Said Iqbal Dukung Program Prabowo-Gibran

RI Jalin Kerja Sama dengan Malaysia di Bidang Pertahanan

Singapura dan RI Kerja Sama Perkuat Pertahanan

Syekh Al-Isa Ucapkan Selamat kepada Prabowo

Menhan Prabowo dan Tonny Blair Diskusi Isu Global