Amir Uskara Resmi Dilantik Sebagai Wakil Ketua MPR RI

Kiki Apriyansyah | Jumat, 08 Maret 2024 - 17:28 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Anggota DPR RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Amir Uskara resmi dilantik sebagai wakil ketua MPR RI  di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/3/2024) foto. kiki apriyansyah

Jakarta - Anggota DPR RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Amir Uskara resmi dilantik sebagai wakil ketua MPR RI menggantikan posisi Arsul Sani yang kini menjabat Hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

Prosesi pelantikan ini dipimpin langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang didampingi wakil Ketua MPR lainnya di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Turut hadir Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

"Kami atas nama pimpinan dan anggota majelis mengucapkan selamat datang, selamat mengerjakan tugas, welcome to the club kepada Wakil Ketua MPR yang baru saja ucapkan sumpah dan janji," kata Bambang Soesatyo dalam kata sambutannya usai menyaksikan pelantikan Amir Uskara.

Adapun momen pelantikan Amir Uskara ditandai dengan salah seorang rohaniwan agama Islam berdiri di sampingnya. Amir pun mengucapkan sumpah dan janji sebagai Wakil Ketua MPR di bawah kitab suci Alquran.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua MPR RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," kata Amir saat mengucap sumpah.

"Bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan menegakkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta peraturan perundang-undangan," sambung politikus PPP itu.

Sementara itu, mantan Wakil Ketua MPR Arsul Sani menyampaikan permohonan maafnya setelah resmi meninggalkan jabatan atau posisi di MPR. Permohonan maaf itu ditujukan kepada Bamsoet selaku ketua MPR dan seluruh anggota.

"Mohon maaf dan sekaligus mohon ampun juga Pak Ketua atas segala kebandelan dan kenakalan yang mungkin ada," ujar Hakim Konstitusi ini.

Setelah upacara selesai, para pimpinan MPR pun bergantian menyalami Amir yang resmi menjabat sebagai Wakil Ketua MPR.

Baca Juga