Emil Dardak Komitmen Dampingi Khofifah di Pilgub Jatim

Kiki Apriansyah | Kamis, 02 Mei 2024 - 07:02 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Emil Elestianto Dardak menyampaikan komitmen dirinya untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim 2024. Dok: Ist

Jakarta - Emil Elestianto Dardak menyampaikan komitmen dirinya untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim 2024. 

Emil mengaku sudah berkomunikasi dengan partai lain selain Demokrat, Gerindra, PAN dan Golkar terkait hal tersebut.

Partai Demokrat satu-satunya yang memberikan rekomendasi satu paket dengan namanya sebagai wakil Khofifah.

"Ya di luar itu tadi kami juga melakukan komunikasi tentunya karena kita percaya bahwa niat baik ini akan tentunya tambah barokah kalau kita bisa semakin banyak rekan-rekan yang masuk dalam seperjuangan," kata Emil Dardak usai menghadiri halalbihalal ICMI di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu (1/5/2024).

Ia menilai Demokrat perlu menjalin komunikasi lebih lagi dengan tiga partai lain yang turut memberikan rekomendasi untuk Khofifah.

Di sisi lain, ia tak mempermasalahkan jika tiga partai lain mengusulkan nama lain sebagai pendamping Khofifah untuk kontestasi mendatang.

"Tahap pertama tentunya saya perlu bersama segenap elemen Partai Demokrat perlu membangun komunikasi dengan tadi partai yang sudah resmi memberikan dukungan pada Bu Khofifah agar tentunya kita bisa menjadi sebuah pasangan, gitu kan," ucapnya.

"Nah, di proses ini sangar wajar dan lumrah apabila mungkin ada harapan bagaimana partai tertentu bisa mengusulkan kadernya," Emil Dardak menegaskan.

Namun, ia mengaku optimistis pada akhirnya Khofifah akan kembali maju bersama dirinya dalam Pilgub Jatim 2024.

"Kami cukup optimis bahwa akan ada titik temu untuk kemungkinan pasangan Khofifah-Emil bisa dilanjutkan," ujarnya.

Khofifah saat ini sudah mengantongi rekomendasi dari Demokrat, PAN, Gerindra dan Golkar untuk maju kembali sebagai calon gubernur di Pilkada 2024.

Namun, Partai Demokrat menjadi satu-satunya yang langsung mengajukan nama wakil menjadi satu paket, yakni Khofifah dan Emil Dardak, sama seperti periode sebelumnya untuk maju lagi dalam Pilgub Jatim 2024.

Tiga partai lainnya belum menyetujui keduanya berduet untuk periode selanjutnya. Belum ada pernyataan resmi pula nama-nama yang hendak mereka ajukan untuk mendampingi Khofifah.

PDI Perjuangan dalam berbagai kesempatan mengaku sedang mendekati Khofifah. Mereka juga telah mengusulkan tiga nama untuk menjadi wakil, yakni Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana.

Sedangkan Khofifah dalam sejumlah kesempatan sudah menegaskan ingin duet kembali dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024. Salah satu yang terbaru, saat Khofifah bertemu pengurus LDII Jatim dalam acara halalbihalal pada Minggu (28/4).

Editor : Agung Nugroho