Menparekraf Prediksi Total Belanja Delegasi Forum Air Capai Rp 1,5 Triliun

Agung Nugroho | Selasa, 21 Mei 2024 - 14:40 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memprediksi memprediksi total belanja para delegasi forum air atau World Water Forum ke-10 terbesar di dunia itu mencapai sekitar Rp1,5 triliun. Dok: Kemenparekraf

Jakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memprediksi memprediksi total belanja para delegasi forum air atau World Water Forum ke-10 terbesar di dunia itu mencapai sekitar Rp1,5 triliun selama penyelenggaraan ajang internasional tersebut pada 18-25 Mei 2024.

Sandiaga mengungkapkan potensi ekonomi dari belanja para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

“Perhelatan tingkat internasional sebelumnya, rata-rata pengeluaran dari kunjungan para delegasi di Indonesia mencapai Rp30 juta. Pihaknya memperkirakan, ada sekitar 50.000 peserta yang berpartisipasi dalam World Water Forum ke-10 yang berlangsung selama 18-25 Mei 2024,” ujar Menparekraf Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dikutip Selasa, (21/5/2024).

Kendati demikian, Sandiaga menyebutkan total delegasi (WWF) mencapai 20.000 (orang), tapi total dengan rombongan dan pendamping bisa mencapai angka 50.000 dari hampir 170 negara yang datang di Bali.

"Dan dari jumlah spending per delegasi yang mengacu kepada event sejenis itu sekitar Rp30 juta. Oleh karena itu, kami bisa memprediksi Rp1,5 triliun untuk belanja langsung bagi ekonomi Bali dan Indonesia dengan WWF ini," sambungnya.

Menparekraf Sandiaga itu berharap, agar World Water Forum tetap menjadi pusat perhatian dunia sehingga bisa memberikan dampak positif terhadap sektor parekraf Indonesia.

"Jadi, kami harapkan WWF ini terus menjadi pusat perhatian dunia, yang mana ada 1.800 pencarian harian dan ini banyaknya dari luar negeri, luar wilayah Indonesia. Dan seminggu terakhir ada 190 berita global dan nasional, ini mendorong penyelenggaraan Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions (MICE) secara berkelanjutan. Pihaknya baru saja meresmikan Fair and Expo WWF 20-25 Mei 2024 di Bali Nusa Dua Convention Centre dan mencakup beberapa UMKM yang terlibat," imbuhnya.