Pimpinan MPR RI Temui Surya Paloh Bahas Amandemen UUD 45

Kiki Apriyansyah | Selasa, 04 Juni 2024 - 19:56 WIB


Bamsoet dalam kunjungannya ke markas NasDem itu bertujuan untuk meminta masukan dari Surya Paloh sebagai salah satu tokoh bangsa. Dia mengatakan kondisi kebangsaan dan demokrasi di Indonesia telah jauh dari harapan para pendiri bangsa. 
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Pimpinan MPR RI temui ketua umum Nasdem Surya Paloh untuk membahas rencana melakukan amandemen UUD 1945 di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (04/06/2024).

Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama para pimpinan yang lain menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk membahas soal rencana melakukan amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. 

Bamsoet dalam kunjungannya ke markas NasDem itu bertujuan untuk meminta masukan dari Surya Paloh sebagai salah satu tokoh bangsa. Dia mengatakan kondisi kebangsaan dan demokrasi di Indonesia telah jauh dari harapan para pendiri bangsa. 

Sehingga perlu ada semacam evaluasi secara menyeluruh dari landasan hukum Indonesia, yakni UUD 1945.

"Tadi kita bertemu dengan bang Surya, kami merasakan hal yang sama. Pilihan demokrasi kita hari ini membuat kita disorientasi, lari jauh dari harapan para politik bangsa terhadap masa depan demokrasi kita yang sudah sering saya katakan dasarnya republik bangsa di sila ke 4," ucap Bamsoet di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (04/6/2024).

Hal yang sama, kata dia, juga dirasakan oleh tokoh bangsa seperti Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bamsoet mengaku SBY juga ikut merisaukan kondisi bangsa dan demokrasi Indonesia akhir-akhir ini.

"Pertemuan dengan Pak SBY, betapa kita semua mengkhawatirkan masa depan demokrasi yang terjebak dengan demokrasi angka-angka, demokrasi yang lari dari demokrasi substansial, dari hanya sekadar demokrasi prosedural yang hanya mengejar angka sehingga kita terjebak pada demokrasi transaksional yang begitu mahal dan ini mengancam bangsa ini," tutur Bamsoet.

Bamsoet mengaku dia dan jajaran MPR RI sebelumnya memang sudah merencanakan untuk menemui sejumlah tokoh bangsa. 

Selain mantan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Try Sutrisno juga ia sambangi.

Dalam waktu dekat dia mengatakan akan segera menemui Amien Rais, Muhaimin Iskandar, Megawati Soekarno Putri dan Presiden Joko Widodo.

"Besok kami rencana akan temui Pak Amin Rais, dan lusa kita akan bertemu dengan Cak Imin dan seterusnya. Kita akan meminta waktu kepada Ibu Megawati, Pak Jokowi, kemudian para ketua parpol lain termasuk ketum Pak Airlangga. Sehingga nanti terakhirnya kami akan bertemu dengan Pak Prabowo menyampaikan beberapa catatan dokumen masukan dari para tokoh," pungkasnya.

Baca Juga