Kemenag Gelar Amazing Muharam 1446 H

Fuad Rizky Syahputra | Selasa, 09 Juli 2024 - 11:08 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. Dok: Istimewa

Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar acara Amazing Muharam 1446 H bertajuk “Menyongsong Nusantara Baru, Indonesia Maju” di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama RI, Jakarta, Minggu (7/7/2024).

Gelaran ini dimeriahkan dengan penampilan Gambus Alma Esbeye, musikalisasi puisi, pembacaan puisi, dan pentas seni. Acara juga dirangkaikan dengan doa, senam bersama, dan Car Free Day (CFD).

Doorprize berupa Al-Qur’an, merchandise, suvenir, dan sejumlah hadiah menarik lainnya juga turut diberikan kepada para peserta.

Dirjen Bimas Islam, Kemenag, Kamaruddin Amin mengungkapkan, bulan Muharam merupakan bulan yang penuh dengan peristiwa fenomenal dalam sejarah perjalanan Islam dan peradaban manusia.

“Bulan Muharam adalah bulan yang sangat penting, terutama karena di bulan inilah Rasulullah hijrah. Peristiwa hijrah ini menandai transformasi besar dalam sejarah panjang peradaban Islam sekaligus peradaban manusia,” ungkapnya.

Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah menjadi titik balik dalam penyebaran dakwah Islam. Di Madinah, imbuh Dirjen, Rasulullah menemukan momentum dakwah yang berdampak hingga saat ini.

Untuk itu, Dirjen menyebut bahwa hijrah setiap orang yang ingin mengikuti jejak Rasulullah sangat bergantung pada niat. Jika niat hijrah itu baik dan semata-mata karena Allah, maka orang tersebut akan mendapatkan nikmat yang tak terduga.

“Niat yang baik adalah kunci untuk mendapatkan berkah,” ujarnya.

Momentum Muharam, lanjut Dirjen, mesti menjadi refleksi bersama bagi umat Islam. Karenanya, ia meminta kepada jajarannya agar dapat menjaga dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai amanah yang dititipkan Allah Swt.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk memastikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Semua pihak seharusnya menjadikan Muharam sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas kinerja,” katanya.

Dengan semangat Muharam, Kamaruddin berharap seluruh pihak bisa lebih termotivasi untuk melakukan yang terbaik dalam setiap tugas yang diemban.

“Mari kita jadikan bulan Muharam ini sebagai pendorong untuk mencapai kualitas kerja yang lebih baik,” pungkasnya.

Gelaran Amazing Muharam 1446 H dihadiri jajaran pejabat eselon II, III, IV, pegawai di lingkungan Ditjen Bimas Islam, serta melibatkan masyarakat.