Satu Tahun Melayani, LRT Jabodebek Terus Bergerak Lebih Baik untuk Masyarakat

Fuad Rizky Syahputra | Jumat, 30 Agustus 2024 - 15:17 WIB


"Dukungan masyarakat merupakan motivasi kami untuk terus memberikan yang terbaik”
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Istimewa

Jakarta - Setahun sudah LRT Jabodebek hadir melayani masyarakat sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Stasiun Cawang pada 28 Agustus 2023.

Selama periode tersebut, LRT Jabodebek telah melayani 17.112.903 pengguna, dengan puncak jumlah pengguna tertinggi di bulan Juli 2024 mencapai 2.027.272 pengguna.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah memilih LRT Jabodebek sebagai bagian dari mobilitas sehari-hari.

"Dukungan masyarakat merupakan motivasi kami untuk terus memberikan yang terbaik,” ujar Mahendro.

Sejak awal beroperasi, LRT Jabodebek telah menunjukkan peningkatan signifikan dalam berbagai aspek layanan.

Jam layanan diperpanjang dari kereta terakhir pukul 19.54 menjadi pukul 22.55, hal ini dapat memberikan lebih banyak kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati transportasi yang aman dan nyaman.

Selain itu, frekuensi perjalanan LRT Jabodebek juga ditingkatkan dari mulanya 158 menjadi 358 perjalanan per hari pada weekday.

Sementara jarak waktu kedatangan antar kereta yang awalnya 20 menit kini dipersingkat menjadi 10 menit, baik untuk relasi Dukuh Atas - Jatimulya maupun Dukuh Atas - Harjamukti.

Untuk kenyamanan pengguna, LRT Jabodebek memperkenalkan berbagai fasilitas baru seperti air minum gratis di setiap stasiun, serta sistem Crowd Detection yang memungkinkan pengguna untuk memantau kepadatan kereta dan stasiun secara real-time.

Fasilitas ini dirancang untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan efisien. LRT Jabodebek juga berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyediakan transportasi lanjutan seperti Biskita dan shuttle, yang memudahkan mobilisasi masyarakat.

Sebagai bentuk apresiasi dan untuk menumbuhkan semangat di awal minggu, LRT Jabodebek memberikan kopi gratis bagi pengguna setiap Senin secara bergiliran di stasiun-stasiun tertentu. LRT Jabodebek mengadakan program edutrip untuk siswa dari TK hingga perguruan tinggi guna mengenalkan transportasi umum dan membiasakan generasi muda menggunakan transportasi publik.

"Kami tidak memungkiri bahwa perjalanan LRT Jabodebek selama satu tahun ini tidak lepas dari berbagai tantangan. Namun, dengan semangat untuk terus berbenah, kami berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan demi kenyamanan dan mobilitas masyarakat," tutup Mahendro.