Tegas..!! Anis Bilang Penangan Pandemi Covid-19 Lebih Utama Daripada Ekonomi

Marhadi | Jumat, 25 September 2020 - 14:23 WIB


Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati berharap agar penanganan terhadap COVID-19 harus menjadi perhatian utama mengingat kondisi saat ini tidak memungkinkan kegiatan ekonomi untuk bergerak.
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Ilustrasi Covid-19 (Ist)

Jakarta - Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati berharap agar penanganan terhadap COVID-19 harus menjadi perhatian utama mengingat kondisi saat ini tidak memungkinkan kegiatan ekonomi untuk bergerak.

"Kita tidak mungkin mendorong konsumsi dan investasi kembali normal ketika kondisinya masih tidak normal. Masih ada wabah," kata Anis dalam pernyataannya, Jumat (25/9/2020). 

Menurut dia, percepatan pemulihan ekonomi nasional akan lebih baik jika dilakukan ketika pandemi COVID-19 sudah selesai.

Untuk itu, seluruh otoritas pemegang kebijakan harus bersinergi untuk mempercepat penanggulangan wabah kemudian membantu masyarakat terdampak dan dunia usaha.

"Ketika pandemi masih berlangsung, upaya yang harus dilakukan pemerintah adalah membantu agar masyarakat dan dunia usaha bisa bertahan," ujarnya. 

Sementara terkait proyeksi bahwa Indonesia akan mengalami resesi, ia mengatakan hal itu tidak terhindarkan karena belanja pemerintah belum optimal untuk mendorong daya beli masyarakat.

" Di sisi lain, baik investasi maupun ekspor masih menunggu sinyal pemulihan ekonomi global," tukasnya.