Pilihlah Calon Kepala Daerah Peduli Sektor Pertanian

Ardy | Selasa, 01 Desember 2020 - 15:02 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad saat menanam pohon secara simbolis di Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Padang. dok. MPR RI

Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pesta demokrasi 5 tahunan. Ia juga meminta masyarakat memilih kandidat kepala daerah yang memperhatikan dan memiliki kepedulian terhadap sektor pertanian. Hal ini dinilai penting agar sektor pertanian di setiap daerah menggeliat dan bangkit kembali.

"Pilihlah calon kepala daerah yang memiliki kepedulian dan visi misi di sektor pertanian. Jangan memilih kepala daerah yang hanya bisa mengobral janji, atau omong doang. Kita memiliki banyak daerah yang subur, tetapi produktivitasnya jauh dari memuaskan," kata Fadel dalam keterangannya, Selasa (1/12/2020).

Pernyataan ini disampaikan Fadel setelah menanam pohon manggis secara simbolis dalam rangka Dies Natalis ke-66 Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Padang. Penanaman pohon ini berlangsung di depan convention hall Universitas Andalas, Padang.

Menurutnya, dunia pertanian Indonesia sudah waktunya bangkit, apalagi Indonesia memiliki modal di sektor pertanian yang cukup besar, meliputi lahan yang luas dan subur, juga jumlah petani yang cukup banyak.

"Kita tidak boleh terus tertinggal dengan negara-negara yang pertaniannya maju, seperti Brazil dan Argentina. Kita harus mampu mengejar ketertinggalan, untuk menjadi negara yang memiliki sektor pertanian yang kuat," ujarnya.

Ia mengajak pihak perguruan tinggi seperti Fakultas Pertanian Universitas Andalas lebih terlibat jauh lagi di pembangunan sektor pertanian agar produktivitas di lahan pertanian mengalami peningkatan sehingga petani pun bisa meningkatkan kesejahteraannya.