Arab Saudi Catat Tingkat Kesembuhan Corona 97 Persen

SY | Selasa, 15 Desember 2020 - 01:25 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Bandara Jeddah Arab Saudi

Jakarta - Kementerian kesehatan Arab Saudi menyatakan kemenangan atas virus corona COVID-19 telah terkendali karena hanya mencatat 139 kasus infeksi baru sejak Maret lalu 2020.

Kasus COVID-19 mingguan yang dikonfirmasi dari Kementerian Kesehatan Saudi menunjukkan bahwa hampir semua wilayah kerajaan berada di zona aman. Masing-masing zona mencatat angka di bawah 50 sepanjang pekan terakhir.

"Kami berada di antara negara-negara dengan kontrol dan penurunan kasus yang nyata. Kerajaan memiliki kendali besar atas pandemi dan pencapaian ini karena kepatuhan masyarakat terhadap tindakan yang dilakukan," kata Jubir Kemenkes Saudi, Mohammed Al Abd Al-Aly, dikutip Arab News, Senin, (14/12/2020).

Batch pertama pengiriman vaksin Pfizer-BioNTech untuk masyarakat akan tiba di Saudi dalam beberapa hari. Al-Aly telah mendesak masyarakat untuk mengambil vaksin tersebut, bahkan jika mereka sembuh dari COVID-19.

"Laporan data dari seluruh dunia tentang vaksin menunjukkan pertanda baik. Vaksin penting untuk menjamin keamanan masyarakat dan kesehatan masyarakat. Kami mengulangi seruan agar semua mendapatkan vaksin, termasuk mereka yang telah pulih," kata Al-Aly.

Arab Saudi mendapatkan vaksin Pfizer untuk tahap awal hanya akan tersedia di rumah sakit milik pemerintah. Namun, nantinya akan ada kerja sama dengan otoritas terkait, untuk menyediakan vaksin ke rumah sakit swasta.

Berdasarkan data 13 Desember 2020, angka jumlah kasus COVID-19 di Arab Saudi menjadi 359.888 kasus, sebanyak 350.549 di antaranya dinyatakan sembuh. Tingkat kesembuhan Saudi berada pada level 97,4 persen.