Lockdown Total! Tiga Negara Ini Putuskan Lockdown di Akhir Tahun 2020

SY | Selasa, 15 Desember 2020 - 02:04 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Ilustrasi Lockdown

Jakarta - Akhir 2020 tiga negara putuskan kembali lockdown akibat meningkatnya jumlah positif Corona. Jepang, Korsel dan Jerman memilih kembali lockdown!

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut negara-negara yang tumbang oleh lonjakan kasus corona di akhir 2020.

 

1. Korea Selatan

Presiden Korsel Moon Jae-In mengingatkan bahwa pembatasan covid-19 bisa dinaikkan ke level tertinggi usai beberapa hari belakangan terus mencatat rekor kasus covid-19.

Korea Selatan diketahui pertama kali mencatat seribu kasus baru corona, yaitu sebanyak 1.030 kasus, dengan 1.020 infeksi lokal. Total kasus covid-19 di Korea Selatan kini sudah mencapai 42.766.

Presiden Moon mendesak kewaspadaan dan upaya ketat menekan penyebaran kasus covid-19.

"Kecuali jika wabah dapat diatasi sekarang, itu telah sampai pada titik kritis mempertimbangkan untuk meningkatkan tindakan jarak sosial ke tingkat ketiga," kata Moon Jae-In.

Ucapannya mengacu pada pembatasan paling ketat di bawah sistem lima tingkat negara itu.

Seoul Raya, rumah bagi sekitar setengah dari 52 juta penduduk Korea Selatan, berada di bawah batasan level 2,5.

Pertemuan lebih dari 50 orang dilarang dan restoran dilarang melayani pelanggan setelah jam 9 malam.

 

2. Jepang

Dikutip dari Reuters, Jepang pertama kalinya mencatat 3 ribu kasus covid-19 dalam satu hari. Catatan rekor yang terjadi pada Sabtu kemarin, menunjukkan peningkatan signifikan di musim dingin.

"Sebanyak 3.041 orang baru terinfeksi," kata media lokal Jepang NHK. Peningkatan kasus covid-19 di Jepang melanda saat musim dingin tiba terutama di bagian Hokkaido.

Pemerintah Tokyo, Jepang, berencana meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan virus Corona hingga ke level tertinggi. Lonjakan harian kasus Corona terjadi di panti jompo, sekolah, dan rumah sakit.

Sejumlah langkah yang dipertimbangkan termasuk membatasi jam operasional toko.

 

3. Jerman

Baru-baru ini Jerman kembali memperketat lockdown. Lockdown berlaku pada Rabu hingga Januari 2021. Sebelumnya selama 6 minggu terakhir Jerman sudah menerapkan lockdown parsial.

"Saya berharap cara yang lebih ringan. Tapi karena belanja Natal jumlah kontak sosial sangat meningkat,” kata kanselir Angela Merkel, dikutip dari Reuters, Senin (14/12/2020).

Toko-toko tertentu seperti supermarket dan apotek masih diperkenankan beroperasi. Namun, salon rambut, kecantikan, hingga studio tato wajib ditutup begitu juga dengan sekolah.

Menjelang akhir tahun, penjualan kembang api juga dilarang saat malam tahun baru.

Dikutip dariworldometers, Jerman mencatat lebih dari 17 ribu kasus covid-19 baru pada Minggu (13/12/2020) sehingga total kasus corona di sana sudah mencapai 1.338.483 kasus.