Jamkrindo Berdayakan Ekonomi Petani Kopi Garut

Ardy | Senin, 22 Februari 2021 - 14:24 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Sekretaris Perusahaan PT Jamkrindo Abdul Bari (Dok.Kompas.com)

PT Jamkrindo gulirkan program sinergi penguatan ekonomi Desa melalui pemberdayaan petani kopi Dukuh di Garut untuk meningkatkan kualitas kopi dan memberikan nilai tambah bagi petani kopi.

Program Bina Lingkungan ini merupakan inisiasi dari Indonesia Financial Group (IFG) sebagai holding, dan sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu kota dan komunitas berkelanjutan.

Sekretaris Perusahaan PT Jamkrindo Abdul Bari mengatakan bahwa PT Jamkrindo sebagai anggota dari holding IFG, secara rutin dan berkesinambungan telah berkontribusi serta melibatkan diri secara aktif menciptakan dan menumbuhkembangkan UMKM melalui program-program pemberdayaan masyarakat melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

"Program yang dilakukan berupa program penguatan ekonomi desa berkelanjutan melalui sinergi dengan pihak-pihak terkait," jelas Abdul Bari dalam keterangannya.

Sinergi program penguatan ekonomi Desa yang dilaksanakan oleh PT Jamkrindo ini bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) dan Perhutani serta sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang ada di Garut yakni Salarea Foundation, Kelompok kerja Salarea, GP Ansor dan Ansoruna Business School.

Program yang digulirkan yakni pengembangan demplot kopi, pelatihan kopi Salarea dan peresmian pawon kopi Salarea.

PT Jamkrindo menyerahkan bantuan program bina lingkungan berupa mesin pengolah kopi kepada Pokja Salarea dan pemberdayaan masyarakat yakni perlatihan mengolah kopi dan menyeduh kopi dengan total bantuan senilai Rp 70 juta.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan di Cibatu, Garut pada Sabtu, 20 Februari 2021. Disaksikan oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Muksin dan Anggota DPRD Garut Jauhat Anwari dan juga pejabat daerah setempat.

Hadir dalam kesempatan ini Direktur Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Toto Pranoto , Kepala Bagian Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Jamkrindo Nenden Kania Puji Asri dan tim PT Jamkrindo perwakilan Cabang Bandung.