Polda Metro Siapkan Swab Gratis di Rest Area Tol Jakarta-Cikampek

Ardy | Senin, 03 Mei 2021 - 10:41 WIB


Sambodo menyampaikan, tes antigen gratis itu akan melayani 100-200 orang per harinya sehingga, apabila pelaksanaannya selama 5 hari, total ada 1.000 orang yang dites antigen.
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Dok.ist)

Jakarta - Pemerintah memperketat syarat perjalanan mudik sebelum 5 Mei 2021, yakni masyarakat harus mengantongi surat swab tes. Polda Metro Jaya sendiri menyiapkan swab antigen gratis bagi masyarakat di lokasi penyekatan Km 19 Tol Jakarta-Cikampek.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan penyekatan pemudik baru dilakukan pada 6-17 Mei 2021 atau pada saat pelaksanaan larangan mudik diberlakukan. 

Meski begitu, saat ini pihak kepolisian sudah melakukan pemeriksaan di beberapa tempat sebagai upaya tindak lanjut adanya adendum (tambahan) Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021.

"Polda Metro Jaya baru akan melakukan penyekatan tanggal 6-17 Mei 2021 sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Nomor 13 Gugus Tugas COVID-19," kata Sambodo.

"Terkait dengan adanya adendum surat edaran nomor 13 yang berlaku sejak tanggal 22 April-5 Mei, maka pelaksanaan pengetatan untuk masuk ke wilayah masing-masing itu diserahkan kepada kebijakan dari gugus tugas daerah yang ada di Pemda tingkat dua masing-masing. Itulah mengapa sebabnya di Bekasi sudah ada pemeriksaan dan sebagainya," sambungnya.

Menindaklanjuti adanya adendum surat edaran tersebut, maka pihak kepolisian akan melakukan pemeriksaan random sampling kepada angkutan umum dan pribadi yang melintas di Tol Jakarta-Cikampek pada masa pengetatan mudik atau hingga 5 Mei 2021.

Polda Metro Jaya juga memfasilitasi swab test gratis di Km 19 Rest Area Tol Jakarta-Cikampek bagi masyarakat yang tidak mengantongi surat swab.

"Kami sendiri Polda Metro Jaya itu nanti sesuai dengan adendum surat gugus tugas tersebut baru akan mulai melakukan melaksanakan pemeriksaan random sampling dan pemberian drive-thru swab antigen gratis. Jadi kita akan random sampling, yang tidak bisa menunjukkan surat bebas COVID swab antigen, maka kita akan laksanakan di Km 19 rest area, dari tanggal 1-5 Mei, itu ada drive thru swab antigen gratis," jelasnya.

Penyekatan pemudik sendiri baru akan dilakukan pada 6-17 Mei sesuai dengan SE Nomor 13 Tahun tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Selama Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah.

"Nah, tanggal 6 Mei kita mulai melaksanakan penyekatan terhadap larangan mudik sampai dengan tanggal 17 Mei," ucapnya.

Sambodo menyampaikan, tes antigen gratis itu akan melayani 100-200 orang per harinya sehingga, apabila pelaksanaannya selama 5 hari, total ada 1.000 orang yang dites antigen.

"Kuota swab yang disiapkan 100-200 per hari. Jadi untuk 5 hari itu kita siapkan ada seribu untuk pelaksanaan swab antigen gratis. Drive-thru artinya jadi orangnya nggak perlu turun dari kendaraan," pungkasnya.