Polri Siapkan Lima Rencana Aksi Operasi Aman Nusa II Lanjutan

Ardy | Jumat, 23 Juli 2021 - 14:10 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono (Dok.ist)

Jakarta – Polri siapkan lima rencana aksi dalam Operasi Aman Nusa II Lanjutan hingga 2 Agustus 2021 pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. 

“Rencana aksi Polri itu guna mendukung upaya penanganan pandemi Covid-19,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono.

Argo menjelaskan lima rencana aksi tersebut yakni, pertama tetap melakukan pengawalan dan pengamanan vaksin. 

Kedua memberikan edukasi kepada masyarakat berkaitan dengan vaksinasi dan PPKM.  Warga mencuci tangan sebelum memasuki pemukiman saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro.

Ketiga, Polri membantu mempercepat kegiatan vaksiansi sehingga kekebalan komunal masyarakat atau herd immunity segera terbentuk. 

"Polri juga memberikan pendampingan kepada petugas di PPKM berkaitan dengan testing, tracing dan treatment atau 3T, bagaimana cara tracing dan treatment," ujarnya.

Keempat, Polri melakukan amplifikasi atau perluasan pemberitaan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat dalam penanganan pandemi Covid-19. 

Terakhir kelima, Polri memberikan pendampingan kepada pemerintah daerah berkaitan dengan operasi yustisi.

"Operasi Aman Nusa II Lanjutan merupakan operasi kontijensi yang dilakukan Polri dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19. Operasi tersebut telah berlangsung sejak PPKM Darurat diberlakukan tanggal 3 Juli dan berakhir 2 Agustus 2021,"tutupnya.