Kudeta Presiden, Pemimpin Taliban Jadi Presiden Afghanistan

SY | Senin, 16 Agustus 2021 - 18:21 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Mullah Abdul Ghani Baradar

Afghanistan Kabul - Pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar dinyatakan sebagai Presiden baru Afghanistan setelah Ashraf Ghani, mantan Presiden pemerintah yang didukung Barat, melarikan diri ke Tajikistan, Senin 16 Agustus 2021.

Kabar Mullah Abdul Ghani Baradar dinyatakan Presiden baru Republik Islam Afghanistan itu disampaikan melalui YouTube dan media lokal setempat pada Minggu malam 15 Agustus 2021.

Lahir pada tahun 1968, Mullah Abdul Ghani Baradar, juga disebut Mullah Baradar Akhund, adalah salah satu pendiri Taliban di Afghanistan. Dia adalah Wakil Mullah Mohammed Omar.

Mullah Abdul Ghani Baradar sempat ditangkap di Pakistan oleh tim perwira Inter-Services Intelligence (ISI) dan Central Intelligence Agency (CIA) pada Februari 2010 dan dibebaskan pada 24 Oktober 2018 atas permintaan Amerika Serikat.

Selama pemerintahan Taliban pertama (1996–2001), Mullah Abdul Ghani Baradar memegang berbagai jabatan. Dia adalah Gubernur provinsi Herat dan Nimruz, dan Komandan Korps untuk Afghanistan barat.

Sebuah dokumen Departemen Luar Negeri AS yang tidak dirahasiakan mencantumkan dia sebagai mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat dan Komandan Korps Angkatan Darat Pusat, Kabul sementara Interpol menyatakan bahwa dia adalah Wakil Menteri Pertahanan Taliban.

Mullah Abdul Ghani Baradar saat ini mengepalai kantor politik Taliban dan merupakan bagian dari tim perunding kelompok tersebut di Doha, Qatar.

Taliban mengambil alih Istana Kepresidenan

Taliban mengklaim telah mengambil alih istana presiden di Kabul, BBC melaporkan.

Dua pejabat dari Taliban mengatakan kepada kawat tidak akan ada pemerintah transisi setelah penyisiran mereka di Afghanistan yang mengarah kembali ke ibu kota dua dekade setelah kelompok itu digulingkan oleh pasukan pimpinan AS.

Pejuang Taliban mencapai Kabul "dari semua sisi", pejabat senior Kementerian Dalam Negeri mengatakan kepada telegram dan ada beberapa laporan tembakan sporadis di sekitar kota.

Taliban mengeluarkan pernyataan di bawah panji "Imarah Islam Afghanistan" yang mengatakan kelompok itu sekarang telah diizinkan memasuki Kabul.

Pernyataan itu mengklaim bahwa polisi Afghanistan dan lembaga terkait lainnya meninggalkan tugas mereka dan bahwa untuk "mencegah pencurian, penjarahan, dan kejahatan", pasukan kelompok itu telah diizinkan memasuki ibu kota.

"Taliban akan mengamankan daerah-daerah yang ditinggalkan oleh pasukan Afghanistan di Kabul," kata pernyataan itu.

Ini berusaha untuk meyakinkan warga bahwa pasukan tidak akan memasuki rumah mereka, atau "mengganggu mereka".

Asosiasi Pers yang mengutip seorang pejabat Taliban sebelumnya telah melaporkan bahwa Taliban, yang pada hari Minggu memasuki ibu kota, Kabul, hampir menyatakan bahwa mereka telah menguasai negara itu dan sekarang menjadi "Imarah Islam Afghanistan".

"Deklarasi itu telah dibuat dari istana presiden di Kabul," kata Press Association.

Baca Juga