Bupati Dharmasraya Akan Berikan Perhatian Khusus terhadap Lansia

Yapto Prahasta Kesuma | Senin, 18 April 2022 - 21:02 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyerahkan bingkisan tali asih kepada Lansia.

Dharmasraya - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan warga lanjut usia (Lansia) tidak boleh disisihkan dalam pergaulan masyarakat. Pasalnya banyak ilmu dan pengalaman Lansia masih relevan diserap dan diterapkan dalam kondisi kekinian.

“Meski tidak lagi dalam usia produktif, warga Lansia masih dapat memberikan kontribusi positif di tengah-tengah masyarakat. Hal yang perlu dilakukan pihak terkait adalah menyalurkan semua potensi para Lansia tersebut sesuai dengan karakteristik masing-masing,” kata Bupati pada sambutan pembukaan Pesantren Lansia yang diinisiasi Lembaga Kesejahteraan Lanjut Usia (LKLU) di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Anugerah Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, Senin (18/04/2022).

“Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi LKLU Kabupaten Dharmasraya dan TBM Anugerah atas inisiasi acara Pesantren Lansia ini. Inilah adalah salah satu kiat yang tepat untuk memberdayakan para Lansia kita untuk tetap potensial,” ungkap Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ini.

Lebih lanjut dijelaskannya, Pesantren Lansia tidak saja untuk mengisi waktu luang, akan tetapi juga mengoptimalkan kembali kemampuan untuk mengasah otak agar faktor kepikunan yang sering dialami dapat diminimalisir.

“Melalui Pesantren Lansia ini mari kita ubah paradigma bahwa Lansia tidak lagi mempunyai potensi untuk dikembangkan dan tidak bergayaguna,” ajak Sutan Riska.

Sejalan dengan perkembangan kata Sutan Riska, masalah dan kebutuhan Lansia dipandang perlu adanya upaya yang dapat memberikan pelayanan untuk mewujudkan dan memelihara taraf kesejahteraan sosialnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya ke depan akan memberikan perhatian khusus melalui kebijakan yang berpihak kepada Lansia.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sutan Riska juga menyerahkan sejumlah bingkisan sebagai tali asih dengan para Lansia pada momentum bulan suci Ramadan 1443 Hijriah ini.

“Semoga para orang tua kami, para Lansia yang kami cintai, senantiasa sehat, kuat beribadah, tetap berdayaguna, serta dapat menikmati hari tua dengan penuh kebahagiaan,” tutup Sutan Riska.