Berbagai Tarian dan Antraksi Turut Meriahkan Harlah KSB Ke-19

Armei Indra | Senin, 21 November 2022 - 12:39 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Salah satu Tarian yang ditampilkan di Harlah KSB Ke-19

Kab. Sumbawa Barat - Beragam etnis turut memeriahkan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (Harlah)  ke 19 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Kemeriahan tersebut ditampilkan dalam bentuk pawai adat multi etnis yang di gelar di halaman Graha Fitrah Kantor Bupati Sumbawa Barat, ahad 20/11/2022.

Beberapa etnis yang tampil dalam kesempatan tersebut yaitu sasak, mbojo, Flobamora (Flores, Sumba, Timor, Alor), Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Ikatan Keluarga Bali, Margo utomo, Arab, dan Sumbawa.

Masing-masing dari mereka membawa barisan dan menampilkan display antraksi. Tampilan pertama dari etnis Lombok dengan barisan terpanjang, menampilkan atraksi gendang bele.

Selanjutnya diikuti barisan etnis Mbojo yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Bima Dompu (IKBD) yang menampilkan tarian Doro Sangiang, kemudian diikuti barisan Margo utomo yang menampilkan reog, dan dilanjutkan dengan barisan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Flobamora, Ikatan Keluarga Arab, dan ditutup oleh barisan suku sumbawa yang tergabung dalam Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) Kamutar Telu dengan tampilan tradisi Barampok.

Selain tampilan parade multi etnis, dalam kesempatan tersebut ditampilkan pula tarian PKK dan tariang isong bale. Tarian isong bale yang sukses tampil dalam perayaan HUT RI di Istana Negara turut ditampilkan dalam kesempatan tersebut dan berhasil membuat decak kagum penonton.