Groundbreaking The Pakubuwono Hadirkan Apartemen Green Building di IKN

Agung Nugroho | Jumat, 22 Desember 2023 - 10:20 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Presiden Joko Widodo lakukan peletakan batu pertama apartemen The Pakubuwono di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (21/12/2023). Dok: Humas IKN

NUSANTARA- Presiden Joko Widodo lakukan peletakan batu pertama apartemen The Pakubuwono di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (21/12/2023).

Pembangunan apartemen The Pakubuwono dengan konsep green building ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan hunian vertikal yang hijau dan berkelanjutan di IKN.   

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono memberikan apresiasi kepada The Pakubowono karena telah menjadi pelopor segera terwujudnya hunian vertikal yang hijau. 

“Saya sampaikan apresiasi karena ini merupakan langkah penting untuk menciptakan hunian yang nyaman di Nusantara, dengan menerapkan prinsip-prinsip arsitektur hijau dan berkelanjutan,” ujarnya.

Dengan peletakan batu pertama ini, Kepala Otorita IKN semakin yakin bahwa pembangunan hunian di IKN dengan konsep green building akan semakin cepat terwujud. 

“Acara hari ini tidak hanya menandai dimulainya tahap konstruksi, tetapi juga dapat menjadi inspirasi bagi pengusaha properti lain untuk segera menghadirkan hunian yang hijau dan berkelanjutan,” ujar Bambang. 

Pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo juga menyambut baik pembangunan apartemen The Pakubuwono. 

“Ini bagus sekali, ini akan men-trigger pengembang yang lain untuk mengikuti konsep hijau yang telah disiapkan oleh The Pakubuwono Nusantara,” ungkapnya.

Presiden menyebut bahwa pembangunan apartemen monumental dengan investasi kurang lebih Rp1 triliun tersebut akan menghadirkan hunian apartemen berstandar internasional yang ramah lingkungan. 

“Betul-betul ramah lingkungan dan memanfaatkan teknologi terkini untuk menciptakan kenyamanan dan efisiensi, dan mempersembahkan sebuah kemajuan dan inovasi,” imbuh Presiden.

Direktur Utama PT Pakubuwono Mandiri Investama Arthur Batubara mengungkapkan bahwa bangga dapat menjadi bagian dari permulaan pembangunan Nusantara. “Semoga nantinya semakin melengkapi dan memberi nilai tambah bagi Ibu Kota Nusantara,” ujar Arthur.

Menurut Arthur, hunian dengan konsep green building menarik tidak hanya bagi masyarakat lokal tetapi juga bagi warga mancanegara untuk tinggal. 

“Mereka sangat menikmati kualitas hidup yang hijau, nyaman, yang cozy tentu dengan gedungnya yang livable dan didukung fasilitas yang lengkap,” ungkapnya.